Pantau Kesiapan Re-Akreditasi Puskesmas Lede, Kadinkes Pultab Dorong Komitmen Lintas Sektor Capai Puskesmas Paripurna

Taliabu Malut, wartaterkini.news–menghadapi proses penilaian untuk puskesmas yang mau di akreditasi dan re-akreditasi pada bulan November mendatang, Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly melakukan kunjungan ke beberapa puskesmas.

Salah satu kunjungan yang di lakukan, yakni di Puskesmas Lede, kecamatan Lede kabupaten Pulau Taliabu Propinsi Maluku Utara.

Pantauan media ini sebelum mengunjungi Puskesmas Lede, Kepala Dinas Kesehatan Kuraisia Marsaoly menyempatkan waktu untuk turun melihat secara langsung pelaksanaan Posyandu Marimoi desa Langganu, kecamatan Lede.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly mengatakan, kunjungan pihaknya ke puskesmas tersebut di maksudkan bukan hanya sekedar mengecek persiapan puskesmas dan mutu pelayanan.

Baca Juga :  Pandemi Belum Usai, Wabup Ingatkan Kembali Disiplin Protokol Kesehatan

“Akan tetapi Kerjasama dalam menjaga komitmen di masing-masing lintas sektor untuk re-akreditasi puskesmas lede juga adalah hal yang penting untuk terus di lakukan”, Ungkapnya saat memberikan sambutannya pada lokakarya mini lintas sektor di puskesmas lede, pada Rabu 7 September 2022.

Menurutnya, Upaya yang di lakukan oleh kepala Puskesmas dan semua lintas sektor di Lede dari pantauan fisik baginya sudah sangat cukup.

“Kami dari dinas hanya kembali untuk mengkroscek capaian-capaian program disini. Pada tahun 2018 puskesmas lede atas kerja sama semua lintas sektor lulus dengan predikat madya, kalau puskesmas Bobong dengan status dasar, sehingga di tahun 2022 ini re-akreditasi puskesmas lede harus bisa paripurna”,tuturnya.

Baca Juga :  Tegakkan Disiplin, Kapolsek Bajeng Gowa Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pasar

Dikatakannya juga di Kabupaten pulau Taliabu tahun ini ada 2 puskesmas yang di akreditasi yakni puskesmas Pancadu-Tabona dan 2 puskesmas yang re-akreditasi, yaitu Puskesmas Lede dan Bobong.

“Jadi nanti kalau puskesmas lede sudah capai status paripurna, puskesmas yang dari luar daerah bisa datang studi banding disini, kemudian rujukan pasien juga bisa langsung dari sini”,Katanya.

Kepala pemerintahan Kecamatan Lede, Alwan La Koko menambahkan bahwa persiapan re-akreditasi puskesmas lede ini semuanya harus di persiapkan sebaik mungkin

“Karena mendapatkan pengakuan dari badan akreditasi itu di dalamnya akan melihat bagaimana puskesmas lede ini dari berbagai unsur yang ada di mana salah satunya adalah bagaimana sasaran dan tujuan yang hendak di capai”,Jelasnya.

Baca Juga :  Kompetisi Selancar Morotai Maluku Utara Berlangsung Meriah

Sementara itu, kepala Puskesmas Lede, Mukmini La idu berharap agar apa yang sementara di upayakan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Menjadi puskesmas dengan status paripurna ini adalah tidak lepas dari tanggung jawab kita semua, sehingga dukungan moril dari semuanya sangat kami perlukan demi kelancaran dan target yang hendak kita capai”,harapnya.

Sebagai informasi, lokakarya ini dihadiri oleh, kepala dinas kesehatan, kabid pengendalian penyakit, kepala puskesmas lede, kepala pemerintah kecamatan Lede, dan unsur lintas sektor lainnya. (Ari/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini