Sabtu, Januari 29, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaPanitia Pilkades Tingkat Kabupaten Diduga Main Curang Hasil Seleksi Cakades Morotai, Para...

Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Diduga Main Curang Hasil Seleksi Cakades Morotai, Para Cakades Temukan Data Ganda

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Hasil Seleksi Calon Kepala Desa (Cakades) yang diumumkan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat Kabupaten Morotai diduga terdapat kecurangan, pasalnya para Cakades menemukan dua data hasil seleksi yang berbeda.

Dua data yang berbeda tersebut, sejumlah Cakades yang lolos dalam seleksi Cakades atau Sekolah Cakades namun tidak lolos dalam data hasil seleksi Cakades yang diumumkan oleh Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Morotai.

Alhasilnya, puluhan Cakades yang merasa dirugikan, senin (15/11/2021) mendatangai kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang merupakan Sekretariat Panitia Pilkades Serentak tingkat Kabupaten Pulau Morotai untuk meminta pertanggungjawaban.

Dalam pertemuan antara Cakades dan Panitia Pilkades, Kabid Pemdes DPMD Morotai, Faisal Kudo mengatakan bahwa pada senin pekan depan, Prof Husen Alting yang merupakan ketua Tim Seleksi (Timsel) Cakades akan datang ke Pulau Morotai untuk melaksanakan seleksi Cakades tahap 3 sehingga para Cakades dapat mempertanyakan langsung terkait dengan data ganda dimaksud.

Baca Juga :  Lanud Leo Wattimena Morotai Peringati Maulid Nabi 1443 H

Diselah itu, Rehabeam Sumahi (Cakades asal Sopi Majiko) mengungkap terkait data ganda dan juga mempertanyakan seleksi Cakades tahap 3.

“Kita miliki dua data yang berbeda, apakah dalam seleksi tahap 3 ini berdasarkan hasil seleksi data awal atau data hasil seleksi yang disampaikan oleh Panitia Kabupaten,”tanya Robian sapaannya

Pertemuan Cakades Morotai dan Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Morotai

Ditambahkan, Cakades Wayabula, Kec Morotai Selatan Barat Taufik Furadin, katanya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Prof Husen Alting melalui 4 saudara dosen yang berada di Kota Ternate dan hasilnya seluruh Cakades Wayabula lolos dalam seleksi Cakades dimaksud, namun anenya pihaknya mendapat nilai terendah dan tidak lolos.

Dikesempatan itu, Parto Sumtaki yang juga Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten menanggapi bahwa terkait dua data hasil seleksi Cakades, hal tersebut bukan kewenangan Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten.

Baca Juga :  Berlabuh di Morotai, KRI dr Soeharso - 990 Diserbu Ratusan Masyarakat Pelajar

“Kalau misalnya pak Prof Husen Alting mengatakan data yang baru ini asli maka data yang lama itu sudah tidak berlaku, namun kewenangan ini bukan berada pada kami Panitia Kabupaten karena bukan kami yang melaksanakan proses Seleksi Cakades ini,”tutur Parto

Parto bersikeras, bahwa data yang dimiliki para Cakades bukan berasal dari Panitia Pilkades, bahkan data hasil seleksi Cakades yang dimiliki Panitia Pilkades merupakan data asli karena diberikan langsung oleh DPMD Morotai melalui Prof Husen Alting.

“Terkait data ganda, kami sudah jelaskan bahwa data itu bukan punya kami, kami tetap mengatakan bahwa punya kami itu asli karena diberikan langsung oleh DPMD,”bebernya

Baca Juga :  Ada Apa?? Pengadaan 120 Ton Benih Jagung Diduga Tidak Diketahui Oleh Kepala Dinas

Ia pun menegaskan, jika terdapat temuan data ganda maka dapat dikonfirmasi langsung kepada Prof Husen Alting pada senin pekan depan.

“Artinya, kalau kalian sandingkan data yang ada pada kalian bersama pak Prof Husen dan ternyata punya kallian benar dan diakui pak prof, maka secara otomatis kalian lolos dan tidak perlu mengikuti seleksi tahap 3,”tandasnya

Dari hasil seleksi yang telah diumumkan, Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten memberi kesempatan kepada para Cakades yang tidak lolos dan tidak hadir saat seleksi atau (Sekolah Cakades) untuk mengikuti seleksi tahap 3.

“Kami memberikan ruang kepada Cakades yang tidak lolos dan tidak hadir untuk mengikuti seleksi tahap 3, supaya Cakades yang tidak lolos ini bisa memiliki peluang pada seleksi tahap 3. Ini komitmen kami panitia,”pungkasnya (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,330,763
Total Kasus
Updated on 29 January, 2022 1:26 pm

Paling Populer

Headline News