banner 728x250

Pamekasan Diakui sebagai Salah Satu Kabupaten Terinovatif Terbaik di Indonesia

Pamekasan Jatim, Wartaterkini.news – Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia telah menobatkan Pamekasan sebagai salah satu dari sepuluh kabupaten terinovatif terbaik di Indonesia dalam ajang Innovation Government Award (IGA) tahun 2022.

Prestasi luar biasa ini merupakan hasil kerja keras pemerintah daerah, mulai dari tingkat kabupaten hingga kecamatan dan pemerintah desa, serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat terhadap program-program yang digagas oleh pemerintah kabupaten Pamekasan.

“Berdasarkan pencapaian ini, kita masuk dalam sepuluh kabupaten terinovatif terbaik dari lebih dari 500 kabupaten. Tentunya ini bukanlah prestasi yang mudah. Bahkan, tahun ini saja kami telah mendaftarkan lebih dari 800 inovasi kepada Kementerian Dalam Negeri,” ujar Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, saat kunjungan safari Ramadhan terakhir di Kecamatan Pademawu, Kamis (13/4/2024).

Baca Juga :   Kabupaten Kepulauan Seribu Ikuti Gerakan Tanam Cabai Serentak

Dengan sejumlah prestasi yang telah diraih, bupati tersebut menargetkan agar pada tahun 2023, Pamekasan masuk dalam tiga besar kabupaten terinovatif di Indonesia. Beberapa inovasi yang ada akan dimaksimalkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat, seperti program Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di kantor desa (Sip Pak Kades).

“Melalui pelayanan di tingkat desa, kami akan memudahkan masyarakat. Mereka tidak perlu lagi pergi ke kota. Dengan demikian, mereka bisa menghemat konsumsi bensin yang sebelumnya mencapai satu liter, sekarang cukup setengah liter saja,” tegasnya.

Bupati tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka menerima hadiah sekitar Rp 17 miliar atas penghargaan sebagai salah satu kabupaten terinovatif terbaik di Indonesia pada tahun 2023. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan tambahan di daerah, termasuk pembangunan di desa-desa.

Baca Juga :   Gara-gara Petir Enam Warga Banyuwangi, di Larikan ke Rumah Sakit

“Jika berhasil masuk tiga besar, kami perkirakan akan mendapatkan transfer dana sekitar Rp 20 miliar,” lanjutnya.

Menurutnya, kelima program prioritas yang telah dilaksanakan selama kepemimpinannya, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, dan reformasi birokrasi, telah berjalan dengan baik. Inovasi-inovasi program pemerintah yang telah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kabupaten terinovatif terbaik merupakan hasil dari upaya reformasi birokrasi tersebut.

“Di bidang pendidikan, kami memiliki program beasiswa untuk santri dan mahasiswa kedokteran, serta berbagai program lainnya. Sekarang, pelayanan kesehatan sudah gratis. Semua ini bukan hanya prestasi Baddrut Tamam, melainkan prestasi kita semua. Di sektor ekonomi, terdapat program Sepuluh Ribu Pengusaha Baru dan lain-lain. Bahkan sarung yang saya kenakan saat ini merupakan produk UMKM Pamekasan,” pungkasnya.*(Mz/Red)