banner 728x250

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 Tingkat Polresta Magelang Dimulai

Operasi Keselamatan Lalu Lintas candi 2023, Polresta Magelang dimulai. (foto: Kelana)

Magelang Jateng, wartaterkini.newsKapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H. memimpin Apel Gelar Pasukan “Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023″ di Halaman Depan Mapolresta Magelang, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Mungkid, Selasa (07/02/2023).

Dalam acara kegiatan tersebut dihadiri Waka Polresta Magelang, para Kabag, para Kasat, para Kapolsek, Perwira jajaran Polresta Magelang. Juga anggota TNI Kodim 0705/Magelang, Dishub, Satpol PP, Brigadir, dan ASN Polresta Magelang.

Kapolresta Magelang memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 Tingkat Polresta Magelang, Selasa (07/02/2023). (foto: Kelana)

Dalam amanatnya Kapolresta Magelang membacakan sambutan Kapolda Jateng dalam mengawali Operasi Kepolisian “Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023″. Kapolresta Magelang mengajak bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan berkah, rahmat dan hidayah-Nya hari ini dapat dilaksanakan Apel Gelar Pasukan “Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023″.

Dikatakan, permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga :   Safari dan Jum'at Curhat, Kapolres OKU Selatan Himbau Orang Tua Awasi Pergaulan Anak
Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 Tingkat Polresta Magelang, Selasa (07/02/2023). (foto: Kelana)

Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone.

“Modernisasi tersebut perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas. Sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut,” kata Kombes Pol Ruruh Wicaksono.

Sebagai informasi, data jumlah pelanggaran lalu lintas tahun sebanyak 1.068.344 pelanggaran, dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 307.744 pelanggaran, atau naik 71% atau sama dengan 760.600 pelanggaran. Jumlah tilang tahun 2022 sebanyak 709.883 lembar, dibandingkan tahun 2021 sebanyak 226.670 lembar, mengalami kenaikan sebanyak 68% atau sama dengan 483.213 lembar.

Baca Juga :   Pembangunan Jalan Pansela Jawa, Dukung Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

“Pada tahun 2022 tercatat teguran pelanggaran sebanyak 358.461 dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 81.082 teguran, mengalami kenaikan sebanyak 77%,” terangnya.

Polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 ini merupakan operasi cipta kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023.

“Dengan mengedepankan giat preemtif 40% dan preventif 40%, serta didukung giat gakkum 20%, seperti ETLE Statis dan Mobile, serta teguran. Hal itu guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat,” lanjut Kapolresta Magelang.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 dilaksanakan selama 14 hari, mulai 7 hingga 20 Februari 2023. Dengan melibatkan 3.331 personel Polri jajaran Polda Jateng dengan dukungan perkuatan personel dari TNI, Dishub, Polda Jateng, dan instansi terkait.

“Diharapkan dengan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, serta tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” harap Kombes Pol Ruruh.

Baca Juga :   Polsek Muntilan Beri Pengamanan di Gereja St. Antonius

Di akhir amanat, Kapolresta Magelang menandaskan lima hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023. Yaitu, satu, senantiasa berdoa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas. Dua, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang. Sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang produktif.

Tiga, hindari pungli dan perilaku menyimpang yang dapat menjadi trigger ketidakpercayaan masyarakat terhadap Polri. Empat, hindari tindakan yang kontra produktif, serta sikap arogan. Sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Lima, lakukan tugas Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” pesan Kapolresta Magelang seperti disampaikan Kapolda Jateng. (Kelana/Red)