OKU Selatan Waspadai Gempa Sesar Sumatra.

MUARADUA wartaterkini.news–Kabupaten OKU Selatan memiliki kontur berbukit dan termasuk dalam gugus barisan. Dengan kondisi tersebut maka Kabupaten OKU Selatan salah satu wilayah yang termasuk rawan bencana gempa.

Wilayah OKU Selatan termasuk dalam sesar semangka atau sesar Sumatera . Hal tersebut menyebabkan wilayah ini tidak dapat mempredikrediksi kapan bencana itu akan terjadi. Karena itu Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, mempersiapkan diri secara maksimal, agar masyarakat selalu siaga dengan bencana.

Baca Juga :  Pamit Ambil Rapot, Azizah Warga Pagar Agung Menghilang Tanpa Kabar

Hal tersebut diatas disampaikan oleh H. Doni Agusta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan saat ditemui di ruang kerjanya .Rabu 3 Oktober 2018. Selain itu  Ada tujuh kecamatan yang termasuk dalam zona Sesar Semangka atau Sesar Sumatera yang rawan gempa, yakni Kecamatan Sungai Are, Pulau Beringin, Mekakau Ilir, Banding Agung, dan Warkuk Ranau Selatan, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, serta Sindang Danau.tambahnya.

Baca Juga :  OKI Susun Dokumen RPPEG, Lindungi 1,03 Juta Hektar Gambut

Selain itu Pada saat gempa di Lampung Barat, Liwa, Bengkulu dan Padang beberapa wilayah di OKU Selatan, turut terkena dampak gempa tersebu. Maka dari itu untuk me-minimalisir dampak bencana, BPBD OKU Selatan terus meng-update data cuaca yang diposting setiap hari pada pukul 1 siang, melalui media sosial.

Begitu juga Tim reaksi cepat stand bye 24 jam untuk memantau kondisi di setiap kecamatan, dengan memanfaatkan Taruna Siaga Bencana. Memantau setiap kejadian melalui saluran komunikasi radio, dengan menyiapkan satu orang petugas khusus.

Baca Juga :  Menjalin Sinergitas Da'wah dan Mitra Penyuluh Hukum RWQ Malut Sambangi Kejati Malut

Sedangkan peralatan untuk tanggap bencana tambah Doni Agusta “siap setiap saat. Mulai dari gergaji kayu, pompa air, makanan siap saji, perahu karet, hingga mesin penjernih air.begitu juga dengan kesiap siagaan harus stand bye untuk menghadapi bencana jika  dibutuhkan dan untuk me-minimalkan resiko terhadap bencana.” Pungkasnya. (Wt01)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini