OKU Selatan Siap Bersinergi Putus Penyebaran Covid-19 dan Bangkitkan Perekonomian

oleh -155 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Popo Ali didampingi Wakil Bupati Sholehien Abuasir, S.P., M.Si., unsur Forkompinda, Sekda OKU Selatan beserta para asisten Setda OKU Selatan mengikuti rapat koordinasi (rakor) bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual di Ruang Vidcon Diskominfo OKU Selatan, Senin (17-05-2021).

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengingatkan agar setiap daerah lebih berhati-hati terhadap penyebaran virus Corona pasca perayaan lebaran idul Fitri 1442 H. Pasalnya, saat perayaan ini mobilitas masyarakat masih cukup tinggi bahkan sejumlah tempat wisata terlihat dipadati oleh pengunjung.

Memang, lanjut presiden, pasca keluarnya imbauan larangan mudik jumlah masyarakat di Indonesia yang akan melakukan mudik sedikit berkurang. Meski demikian, masih diperlukan kehati-hatian terhadap penularan ini karena sejumlah daerah penularan virus Corona masih cukup tinggi dan hrus menjadi perhatian.

Baca Juga :  Bupati OKU Selatan Jemput Warganya, Yang di Duga Jadi Korban Perdagangan Manusia

Kepada seluruh kepala daerah di Indonesia, Presiden menyebut salah satu yang menjadi perhatian saat ini adalah kembali membangkitkan perekonomian. Bahkan, pada kuartal kedua tahun 2021 ini Indonesia menargetkan peningkatan ekonomi di atas 7 persen.

“Seluruh daerah, seluruh lapisan harus berkontribusi untuk mencapai target ini. Ini indikasi ke arah sana ada, tapi tetap harus hati-hati mengambil kebijakan kapan harus menginjak gas kapan harus menginjak rem,” ujarnya.

Baca Juga :  Rencana Kerja Angaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD) APBD Kabupaten OKU Selatan Tahun 2019 di Sepakati

Senada dengan Presiden, Mendagri Tito Karnavian menambahkan, diperlukan kebijakan yang tepat untuk mencapai target ekonomi dan mengendalikan pandemi COVID-19 ini. Untuk itu, dia berharap agar ada kekompakan antara pemerintah pusat dan daerah untuk mencapai target ini.

Sementara itu, dalam arahannya juga, Presiden Joko Widodo menyebut bahwa Sumsel termasuk dalam daerah yang catatan kasus COVID-19 mingguannya cenderung menurun. Menanggapi hal ini, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengapresiasi berbagai pihak yang terlibat dan bahu-membahu dalam menekan penularan COVID-19 ini.

Dia juga menyebut bahwa perlahan ekonomi dan pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan mulai bergerak bangkit. “Beberapa waktu lalu, bantuan khusus dari Gubernur juga telah disampaikan, dan ini akan dievaluasi lagi untuk penambahan dan akselarasi pembangunan di seluruh daerah di Sumatera Selatan,” katanya.

Baca Juga :  Tanggapan Menkominfo Atas Isu Internal TVRI

Dalam kesempatan ini, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B. Com., menyebut pihaknya siap berupaya dan mendukung langkah-langkah dalam menekan penularan virus Corona, khususnya di Kabupaten OKU Selatan.

Pihak Pemkab OKU Selatan bersama TNI-POLRI, Forkompinda dan seluruh jajaran akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus Corona. (Ril/Red)

Print Friendly, PDF & Email