Nikmatnya Bor Gibor Kuliner Khas OKU Selatan

OKU Selatan,wartaterkini.news–Setiap daerah pasti memiliki kuliner khas yang memiliki cita rasa yang unik sesuai dengan ketersediaan bahan yang ada di daerah tersebut. Demikian juga halnya dengan Kabupaten OKU Selatan. Salah satu kuliner khas OKU Selatan, adalah Bor Gibor. Bor Gibor termasuk jenis kuliner berkuah. Bumbu dasarnya sama seperti bumbu masakan pindang.

Di Sumatera Selatan, ada beberapa jenis masakan pindang yakni pindang pegagan dan pindang musi rawas, maka, khusus di OKU Selatan ada jenis pindang yang unik, yaitu Bor Gibor. Bor Gibor berbeda dengan pindang yang lain karena memiliki cita rasa khas,yakni rasa asam. Rasa asam dari pindang ini, didapatkan dari tempoyak, yaitu buah durian yang diawetkan dengan cara mencampur daging durian dengan garam lalu disimpan dalam stoples kedap udara selama beberapa hari hingga rasanya menjadi asam. Di kota Muaradua, OKU Selatan, menu Bor Gibor dapat dinikmati di berbagai warung makan yang tersebar di sekitaran kota.

Baca Juga :  Gempa Pasaman Barat tidak Timbulkan Kerusakan dan Korban Jiwa

Bahan – bahan untuk membuat Bor Gibor sangat mudah didapat. Begitu juga cara memasaknya, mudah dan simple. Bahan utamanya ikan. Bumbunya lengkuas, sereh, daun salam, kunyit, cabai merah, dan garam. Cara memasaknya, haluskan semua bumbu tadi selanjutnya rebus satu liter air hingga mendidih.

Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi dan ikan yang akan dimasak Bor Gibor. Tidak lupa masukkan juga tempoyak yang menjadi kunci dari cita rasa Bor Gibor. Tunggu kurang lebih 15 menit. Terakhir masukkan daun bawang dan daun kemangi. Bor Gibor siap disajikan.

Baca Juga :  Kepala BNPT Ajak Masyarakat Hindari Ujaran Kebencian di Media Sosial

Ada beberapa jenis ikan yang dapat digunakan untuk masakan Bor Gibor ini. Diantaranya ikan baung, patin, lele atau jenis ikan berkumis. Namun, dari beberapa jenis ikan tersebut, yang paling nikmat sebenarnya dengan menggunakan ikan baung. Hanya saja ikan baung sangat sulit didapat, karena itu biasanya ikan patin yang sering digunakan untuk masakan Bor Gibor.

Bor Gibor yang masih panas, dengan tambahan menu pelengkap berupa terong rebus, lalap pete, dan sambal mentah, adalah menu nikmat untuk makan siang. Untuk sambal mentah dibuat dari perpaduan garam, cabai kecil dan terasi yang dihaluskan kemudian diaduk dengan mangga muda yang diiris kecil – kecil dan tomat kecil. Tomat kecil ini dalam bahasa lokal Muaradua disebut sebagai cung atau ghanggam.

Baca Juga :  Parcel Kain Cinderamata Khas OKU Selatan

Untuk menikmati menu bor gibor ini, cukup merogoh kocek 25 ribu rupiah, untuk setiap porsinya. Ini sudah termasuk nasi, lalapan, sayur rebus dan sambel mentah. Jadi, kalau ke OKU Selatan, jangan lupa untuk menikmati kuliner bor gibor, yang hanya ada di OKU Selatan. (Wt01/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini