Musrenbang RPJMD OKU Selatan Tahun 2021-2026 Resmi di Buka

oleh

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Pemerintah daerah Kabupaten OKU selatan gelar Musrenbang Rencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan tahun 2021-2026. Bertempat di Aula kantor Bupati kabupaten Setempat.

Musrenbang RPJMD ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir SP., M.SI, turut dihadir, Ketua DPRD, FKPD, Sekda, Para Assisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Camat, Para Kabag, Kepala Instalasi Vertikal dan undangan lainnya.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan Natalion, S.STP.,M.Si, dalam laporanya mengatakan rancangan RPJMD kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan tahun 2021-2026 ini berdasarkan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undangan-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Selain itu juga berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang dan rancangan pembangunan jangka menengah.

Baca Juga :  Usulan Indonesia Terkait Integrasi Pelayanan Kesehatan Mata Masuk Resolusi WHO

Serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.

“Berikut penjelasan Visi OKU Selatan bersinar, yakni suatu kondisi di mana terwujudnya pembangunan daerah yang merata dan berkeadilan, di mana hasil-hasil pembangunan dinikmati seluruh masyarakat Ogan Komering Ulu Selatan”‘,jelasnya

Dikatakanya juga OKU Selatan bersinar, merupakan suatu kondisi dimana meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia OKU Selatan berdaya saing dan mandiri dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran, Integritas dan Kearifan lokal.

Baca Juga :  Pergantian Kapolresta Kota Tebing Tinggi AKBP Sunadi Sik Kepada AKBP James Parlindungan Hutagaul Sik

OKU Selatan bersinar, juga merupakan suatu kondisi dimana tercapainya pelayanan publik yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Lebih lanjut ia mengatakan OKU Selatan bersinar, merupakan suatu kondisi terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi kehidupan masyarakat, bebas dari rasa takut akan gangguan tindakan kejahatan dan gangguan sosial lainnya, dengan jaminan adanya kepastian hukum.

Sementara itu Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir SP., M.SI, dalam sambutanya mengatakan rancangan RPJMD OKU Selatan tahun 2021-2026 mengandung makna rencana program pembangunan Lima tahun ke depan.

Selain itu pelaksanaan musrenbang RPJMD ini juga diharapkan lebih mengutamakan pembahasan dan sinkronisasi rencana program pembangunan antara pemerintah kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

“Sekaligus sebagai upaya pencapaian tujuan pembangunan guna mewujudkan visi misi Bupati dan wakil Bupati priode tahun 2021-2026. Yaitu OKU Selatan Bersinar”,jelasnya.

Baca Juga :  Penampilan Tak Disaksikan Tuan Rumah FDR XXII, Kontingen Kabupaten Tetangga Kecewa

Ada empat visi dan misi OKU Selatan tersebut yaitu, mengembangkan ekonomi rakyat berbasis argo wisata, jasa dan sumber daya alam. Mewujudkan repormasi birokrasi   berdasarkan pelayanan masyarakat. Meningkatkan Kondisi Infrastruktur yang baik. Menciptakan Kondisi Investasi yang kondusif.

Dikatakan Wabup rancangan peraturan daerah tentang RPJMD disampaikan kepada Gubernur Sumatera Selatan untuk dilakukan Evaluasi.

Selanjutnya Bupati menetapkan rancangan peraturan daerah tentang RPJMD yang telah di evaluasi oleh Gubernur menjadi peraturan daerah tentang RPJMD paling lambat enam bulan setelah Bupati dan Wakil Bupati dilantik.

“Dengan ini Musrenbang RPJMD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2021-2026 secara resmi saya nyatakan dibuka”,pungkas Wabup (Red)

Print Friendly, PDF & Email