banner 728x250

Musrenbang RKPD Kota Bekasi Tahun 2024 Dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Bekasi

Bekasi Jawa Barat, Wartaterkini.news – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Bekasi Tahun 2024 pada hari ini digelar di Hotel Santika Mega City Bekasi yang secara resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dengan bersama sama menandatangani kesepakatan Musrenbang tingkat Kota Bekasi, Rabu (01/03/2023).

Tujuan dari Musrenbang ini adalah mengakomodir usulan, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.

Plt Wali Kota Bekasi dalam sambutannya mengatakan penyelesaian bersama menjadi salah satu cara yang gotong royong, saling peduli, saling berbagi dan saling bekerja sama dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Bekasi juga kepada aparatur Pemerintah Kota Bekasi yang terus memberi dukungan untuk mewujudkan agenda pembangunan dalam rangka penyelesaian target perubahan RPJMD Kota Bekasi tahun 2018-2023 yang pada tahun ini menjadi tahun terakhir.

Baca Juga :   Platform Media Sosial Didorong Sajikan Konten Jurnalisme Berkualitas

“Alhamdulillah telah terlaksana kick off meeting Musrenbang dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga masuk dalam tingkatan Kota Bekasi yang nantinya kita akan masukkan kepada tingkatan Provinsi dan Nasional. Tentunya sudah banyak sekali usulan dari masyarakat yang disampaikan, hal ini menandakan bahwa masyarakat bersama sama membangun Kota Bekasi,” kata Tri Adhianto.

Telah disampaikan beberapa capaian pembangunan sampai dengan tahun 2022 dan 2023 dijabarkan di bidang pendidikan untuk rehabilitasi, revitalisasi serta lanjutan dari program tahun 2022. Di bidang Kesehatan sampai tahun 2022 telah terbangun 4 RSUD Tipe D, 50 Puskesmas dan 1.612 Posyandu yang pada tahun 2023 telah ada peningkatan fasilitas dan terakhir di bidang infrastruktur dan prasarana sarana umum yang telah terbangun 40 polder air dan normalisasi saluran penanggulangan banjir.

Baca Juga :   Kejari Bersama Pemkab Lebak Perbaiki Rumah Enah Suhaenah

Dalam kesempatan ini, Tri Adhianto sampaikan arah kebijakan pembangunan Kota Bekasi tahun 2024, antara lain :
– Penguatan fungsi Pemerintah melalui reformasi birokasi dan transformasi layanan berbasis digital
– Penguatan Kualitas manusia melalui pembangunan kesehatan dan pendidikan inklusif dan merata.
– Penguatan ketahanan keluarga dan mendorong kewirausahaan secara inklusif.
– Peningkatan ketahanan kota melalui penguatan kualitas pelayanan dasar infrastruktur dan lingkungan.
– Peningkatan kekuatan dan kemantapan perekonomian kota melalui kemudahan berusaha di sektor jasa, perdagangan, industri dan usaha kecil alternatif berbasis ekonomi kerakyatan.

Tri Adhianto tegaskan semua permasalahan dari warga perlu kolaborasi bersama antara perangkat daerah dan perlu peningkatan kembali agar seluruh perangkat daerah memperhatikan prioritas program dan kegiatan.

Baca Juga :   Pemkot Imbau Warga Tak Sulut Petasan Pada Perayaan Tahun Baru

“Saya berharap semoga dengan musyawarah ini akan menjadi sumbangsih dalam upaya membangun Kota Bekasi sesuai dengan visi misi nya,” ujar Tri.

Usai sambutan, Plt Wali Kota Bekasi mengajak kepada elemen yang hadir melalui perwakilan menandatangani kesepakatan Musrenbang RKPD Tahun 2024. (Kikih/Red)