Mudik 2022, Kemenkes Sediakan 13.966 Fasyankes di Seluruh Provinsi

Jakarta, wartaterkini.news–Pada masa mudik nanti, akan diperkirakan ada 850 ribu pelaku perjalanan mudik di tahun ini. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengaktifkan posko mudik pada 25 April 2022 mendatang.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan sebanyak 13.966 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di 34 provinsi sudah disiapkan untuk melayani masyarakat baik dalam perjalanan mudik maupun daerah tujuan.

Baca Juga :  Tol Kapalbetung Siap di Lintasi Pemudik

“Kemenkes juga menyiapkan 340 pos layanan kesehatan beserta angkutan roda dua maupun roda empat di berbagai rest area di jalan tol, pintu exit tol, jalur tol, jalur jalan motor, dan beberapa tempat wisata,” kata Nadia saat konferensi pers Rabu (20/4/2022).

Lanjut Nadia, dalam upaya mendekatkan akses fasyankes, masyarakat yang akan melakukan perjalanan diharapkan resiko kesehatan bisa diminimalisir selama perjalanan agar mudik menjadi sehat, aman, dan nyaman.

Baca Juga :  Tindak Lanjuti Hasil Rekomendasi dan Pemeriksaan, Pemda R4 Gelar Sidang TPTGR

Kemenkes juga telah menyiapkan 10.292 Puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 public service center (PSC), 51 kantor kesehatan Pelabuhan (KKP).

Terkait vaksinasi, Nadia mengatakan akan mengoptimalkan vaksinasi agar bisa dijangkau masyarakat seperti di tempat ibadah, pusat perbelanjaan, stasiun, pelabuhan, bandara, terminal, dan rest area.

“Kami tetap mengimbau bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk melakukan vaksinasi sebelum jadwal perjalanan mudik,” kata Nadia. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Kemenkes) 

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini