Meriahkan HUT RI Ke 77, Event Pacuan Kuda Tradisional Gayo Dibuka

Aceh Tengah, wartaterkini.news–Event pacuan kuda tradisional yang sudah menjadi Budaya turun temurun di Daerah kita, utamanya Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini.

Pacuan Kuda merupakan Pagelaran Budaya yang sudah rutin kita laksanakan, sebanyak dua kali dalam setahun khususnya di Kabupaten Aceh Tengah, yaitu pada peringatan HUT RI di Bulan Agustus dan untuk memperingati HUT Kota Takengon setiap Bulan Februari, dengan menghadirkan kuda-kuda pilihan dari tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues dan Kabupaten Bener Meriah.

Demikian disampaikan Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar dalam sambutanya pada acara Pembukaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, yang berlangsung di Lapangan H.M. Hasan Gayo Belang Bebangka Kecamatan Pegasing, Takengon, Aceh Tengah, Senin (22/08/2022).

Baca Juga :  Hot Spot di Sumsel Mulai Bersih

“Kita harapkan agenda kegiatan ini, juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi Wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, Karena itu sekali lagi kualitas pelaksanaannya harus dapat lebih baik, agar Kabupaten Aceh Tengah dapat menjadi Daerah Wisata Unggulan yang semakin diminati”, Harap Bupati Shabela.

Di samping itu Bupati kembali mengingatkan agar, pembangunan sarana pendukung untuk terus diupayakan sehingga benar-benar dapat memperlancar pelaksanaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo ini.

“Kemudian sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, mudah-mudahan kegiatan semacam ini dapat terus ditingkatkan, dan dapat berlanjut kiranya, karena masih banyak potensi-potensi lain dari dataran tinggi tanoh gayo yang harus kita angkat kepermukaan, semoga apa yang Kita lakukan pada hari ini dapat membuahkan manfaat di masa-masa mendatang, Ujarnya.

Baca Juga :  Pemuda Ketol Keluhkan Kondisi Jalan Ratawali-Blang Mancung Kabupaten Aceh Tengah

Selanjutnya, Bupati Aceh Tengah, mengungkapkan digelarnya pacuan kuda tradisional Gayo ini untuk menjaga dan melestarikan Budaya Masyarakat Gayo, Selain itu diadakan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dan sebagai sarana promosi wisata dari Dataran Tinggi tanoh Gayo kepada Masyarakat luar.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya event ini gairah wisata dan perekonomian di kabupaten Aceh Tengah dapat kembali bangkit, kepermukaan, semoga apa yang kita lakukan pada hari ini dapat membuahkan manfaat dimasa-masa mendatang”. Ungkapnya.

“Demikianlah beberapa catatan dan harapan kami, mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses dan lancar, kami juga ucapkan selamat kepada, seluruh pemilik Kuda Pacuan Tradisional Gayo yang akan berlomba pada kesempatan ini, junjung tinggi sportifitas dan semangat, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Pungkas Bupati Shabela Abubakar.

Baca Juga :  Kemkominfo Mendukung Kreasi Serta Inovasi Wastra Tenun Juga UMKM NTT

Untuk event Perlombaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT Ke 77 Kemerdekaan RI tahun 2022 kali ini akan digelar mulai tanggal 22 Agustus hingga berakhir pada 28 Agustus mendatang, Perlombaan akan dibagi atas 14 kelas Pacuan, 3 Kategori, yaitu Tua, Muda dan Perdana, dengan memperebutkan total hadiah sebesar 268 Juta Rupiah.

Tampak turut hadir di kesempatan tersebut, Para Unsur pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah atau yang mewakili, Bupati Kabupaten Bener Meriah, Para pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Para dewan juri dan segenap panitia, memilik dan para pencinta Olahraga Pacuan Kuda baik dari Aceh Tengah, Bener Meriah Maupun Gayo Lues sebagai Tiga Kabupaten Bersaudara yang terus mengelar event Pacuan Kuda Tradisional Gayo ini. (Charim/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini