banner 728x250

Menteri LHK Dorong Pemuda Terus Semangat Jaga Keberlanjutan Lingkungan

Jakarta, wartaterkini.news–Para pemuda didorong untuk terus bersemangat menjaga keberlangsungan lingkungan melalui penetapan 1.994 pelajar dari 1.068 sekolah di berbagai wilayah Indonesia sebagai Duta Hijau (Green Ambassador).

“Semangat para pemuda dalam upaya adaptasi, mitigasi, rehabilitasi, dan pengelolaan lingkungan hidup perlu kita sadari sebagai kekuatan besar dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup yang mulai membaik saat ini,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK), Siti Nurbaya, dalam keterangannya terkait kunjungan kerja sehari di Suaka Rhino Sumatra (SRS) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Provinsi Lampung, seperti dikutip pada Minggu (10/12/2023).

Dalam acara itu juga dilakukan prosesi penyerahan petikan SK Green Ambassador di lokasi kantor SRS TNWK Lampung dan observasi Badak Sumatra (Dicerorhinus Sumatrensis).

Baca Juga :   DKPP Pamekasan Gelar Pasar Tani Galak Jelang Ramadhan 1444 H

Adapun untuk Provinsi Lampung, jumlah Green Ambasador yang dilantik sebanyak 56 orang dari 28 Sekolah dan dari tiga Unit Pelaksana Taknis (UPT) yang berasal dari Simpul Belajar Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Balai Taman Nasional Way Kambas dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Way Seputih Sekampung.

Menteri Siti mengatakan, para Green Ambassador tersebut telah mengikuti pendidikan selama empat bulan dan telah mendapatkan pembekalan tentang KLHK.

Para Green Ambassador dinilai merupakan generasi muda dengan semangat baru untuk langkah hijau masa depan Indonesia.

“Saya berharap dengan diterimanya Petikan SK Green Ambassador, maka gerakan memulihkan lingkungan dan kehutanan akan jauh lebih masif, inklusif, dan inovatif, sehingga bumi dapat kembali pulih dan nyaman untuk ditinggali bagi semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan dan satwa,” katanya.

Baca Juga :   Awas!! Pelaku Gendam di Banyuwangi Sasar Lansia, Begini Modusnya

Dia juga mengatakan, sebagai negara yang kaya dengan berbagai sumber daya alam dan keanekaragaman hayati baik di darat maupun di laut, Indonesia harus  mempersiapkan generasi mendatang yang dapat mewariskan cita-cita melindungi segenap bangsa dan tanah air.

Oleh karenanya Menteri LHK mengaku bangga memiliki generasi muda yang kreatif, produktif, inovatif dan berdedikasi untuk kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan.

“Sebagai upaya tindak lanjut setelah pelantikan itu ialah kesinambungan pembinaan yang sedang terus ditata bersama KLHK dan Institut Hijau, BPDLH dan termasuk bersama USAID,” jelas Siti Nurbaya.

Turut hadir bersama Menteri LHK mengikuti rangkaian kunjungan kerjanya di Lampung yaitu Wakil Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia, yang diwakili First Secretary US Embassy, Sandy Lien; Direktur USAID Indonesia, Jeff P. Cohen; Direktur Lingkungan USAID, Brian Dusza; Ketua Pengurus Yayasan Badak Indonesia (YABI), Jansen Manangsang.

Baca Juga :   Bupati Popo Ali Pimpin Upacara HUT OKU Selatan Ke-19 

Ketua Dewan Penasehat Senior YABI yang diwakili Letjen TNI Purn. Dodik Wijanarko; perwakilan Institut Hijau Indonesia, Slamet Daroini; para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama KLHK; para Kepala UPT KLHK Wilayah Provinsi Lampung; serta para fasilitator dan pemuda-pemudi Green Ambassador.