banner 728x250

Menkominfo Dorong Kolaborasi untuk Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045

Jakarta, wartaterkini.news–Kolaborasi dan dukungan lembaga pemerintah, swasta dan Masyarakat dibutuhkan untuk mewujudkan Visi Indonesia Digital (VID) 2045 sebagai konsep, visi, dan arah strategi nasional dalam mendorong terwujudnya Indonesia Digital 2045, yang merupakan bagian dari Visi Indonesia Emas 2045.

“(untuk mewujudkan VID 2045) Dibutuhkan pemahaman bersama dan langkah-langkah implementasi yang terukur dan selaras antara lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo, Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya terkait pertemuan dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Menurut Menkominfo Budi Arie, pencapaian VID 2045 dilakukan dengan prinsip pembangunan digital yang inklusif di mana ada pemerataan akses digital dan penyediaan ruang digital yang aman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga :   Bea Cukai Soekarno-Hatta Ungkap Sabu dalam Termos dan Ganja di Kain Ulos

Oleh karenanya, dia mengharapkan dukungan nyata dan aksi tindak lanjut dari setiap entitas pemerintah, yang berperan dan bersinergi dengan sektor privat dan publik dapat segera direalisasikan pada masing-masing sektor.

Dia juga mendorong kolaborasi dan dukungan semua pihak untuk mewujudkan ekosistem digital yang inklusif dan kolaboratif berbasis inovasi mendukung Indonesia Maju, Berdaulat dan Berkelanjutan.

“Untuk itu dibutuhkan komunikasi secara luas terkait visi, misi, arah, kebijakan dan strategi kepada seluruh pemangku kepentingan,” katanya.

Menteri Budi Arie mengatakan, ada empat misi utama dalam VID 2045.

Pertama, percepatan transformasi digital sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperbaiki kualitas layanan publik, serta memperkuat pertahanan dan keamanan nasional.

“Kedua, pengembangan dan penguatan ekosistem digital nasional di mana partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan meliputi pemerintah, bisnis dan industri, asosiasi, akademisi dan masyarakat sebagai operator dari ekosistem digital untuk mendukung penguatan ekosistem digital yang menyeluruh dan berkesinambungan,” jelas dia.

Baca Juga :   AJI Palembang Gelar Festival Media 2023, Kolaborasi Jaga Independensi

Ketiga, pembuatan regulasi adaptif dan akomodatif di mana kebijakan yang adaptif dan akomodatif terhadap berbagai perkembangan termasuk teknologi digital.

“Dan keempat, penguatan institusi sosial kemasyarakatan, lembaga pendidikan, keagamaan, sebagai upaya masif untuk meingkatkan pemahaman digital untuk mengoptimalkan manfaat teknologi digital dan informasi yang berdampak negatif,” tutur Menkominfo.

Kementerian Kominfo juga membagi empat fase pencapaian sebagai langkah strategis realisasi VID 2045.

Fase pertama pada 2025 sampai 2029 sebagai fase penguatan fondasi digital. Selanjutnya, fase kedua pada 2030 sampai 2034 sebagai fase pengembangan ekosistem digital yang berdaya saing.

“Fase ketiga, pada 2034 sampai 2039 masuk dalam fase pengembangan inovasi yang berkelanjutan. Fase ini bertujuan untuk mendorong inovasi berkelanjutan dan capaian keunggulan teknologi dengan komitmen pada tujuan keberlanjutan lingkungan,” ungkap Menteri Budi Arie.

Baca Juga :   CEO Microsoft Ingin Kolaborasi Kembangkan AI di Indonesia

Adapun fase keempat pada 2039 sampai 2045 sebagai fase memimpin teknologi global yang berfokus pada mengejar posisi sebagai negara yang maju dengan penerapan teknologi global dan mengedepankan keberlanjutan lingkungan.