banner 728x250

Menkomifo Dukung Pengembangan Potensi UMKM lewat Digitalisasi

Jakarta, wartaterkini.news–Pengembangan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) melalui digitalisasi agar bisa menjadi bagian dari ekonomi digital yang nilainya diproyeksi mencapai Rp5.537 triliun pada 2030 mendatang.

“UMKM itu bukan sekadar slogan tapi harus didayagunakan. Saya menyambut baik UMKM itu walaupun UMKM kalau mau jadi pahlawan harus jadi konglomerat,” ujar Menteri Kominfo (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya terkait Awarding Night Pahlawan Digital Tahun 2023 di Jakarta, seperti dikutip pada Jumat (22/12/2023).

Menkominfo Budi Arie mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki potensi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga :   Kominfo Dukung Perempuan Berwirausaha di Ruang Digital

Oleh karenanya, Kementerian Kominfo menyediakan pelatihan pendampingan bagi pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi digital.

Pelatihan tersebut di antaranya adalah Program Literasi Digital, Digital Talent Scholarship (DTS), hingga Program 1000 Start-Up Digital.

“(Semua) Untuk mendukung (digital) talent indonesia terutama anak muda untuk bisa berpartisipasi dalam transformasi digital Indonesia,” katanya.

Menurut Menkominfo Budi Arie, Kementerian Kominfo melaksanakan percepatan transformasi digital nasional dengan membangun infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital agar berjalan secara sinergis dan beriringan untuk mendukung perkembangan ekonomi digital nasional.

Baca Juga :   Tingkatkan Kualitas, BKSDN Kemendagri Kerja Sama dengan Korea Selatan

Selain itu Kementerian Kominfo mendorong penggunaan teknologi digital di bidang pertanian, kelautan dan pariwisata serta akan merilis kajian potensi digitalisasi pertanian bersama konsultan ternama dunia.

“Sebentar lagi tahun depan saya akan rilis kajian kita dengan konsultan ternama di dunia. Kita diskusi pertanian dengan menggunakan teknologi digital.Di Amerika dan Belanda penggunaan teknologi digital mampu meningkatkan produktivitas 30 persen produk pertanian dari segi jumlah hasil,” ungkap dia.

Acara Awarding Night Pahlawan Digital Tahun 2023 diikuti 10 finalis inovator Startup Indonesia yang lolos seleksi yakni BroilerX, Elevarm, Jala, Chickin, Henbuk, Silang.id, Antrique, DynamicBuzz, Arconesia, dan Moleps.

Baca Juga :   Kelola 7460MW Digitalisasi Pembangkit, PLN Nusantara Power Tingkatkan Keandalan Unit Pembangkit

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Staf Khusus Presiden sekaligus Inisiator Program Pahlawan Digital UMKM, Putri Tanjung.