Menkes Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Lansia

oleh -99 views

Jakarta, wartaterkini.news–Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi di Mall Ciputra Tangerang pada Sabtu (27/3/2021). Pada kesempatan tersebuten Menkes ini didampingi Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut ditujukan untuk lanjut usia (lansia) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Tangerang dan domisili Kabupaten Tangerang. Sasaran vaksinasi sekitar 3000 lansia, mulai 16-27 Maret 2021 dengan target harian sekitar 200-300 orang.

“Alhamdulillah lansia di daerah Kabupaten Tangerang ini bisa divaksin duluan, saya sangat terharu sekali dengan kegiatan vaksinasi hari ini, karena banyak lansia yang antusias datang,” kata Menkes Budi.

Untuk menjaga protokol kesehatan dengan menghindari terjadi antriannya, proses pendaftaran dilakukan secara online melalui website Ciputra Hospital. Peserta juga bisa datang langsung ke lokasi vaksinasi yang terletak di Ground Floor Mal, dengan catatan harus sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

Menkes Budi mengatakan pihaknya akan mengupayakan untuk menambah ketersediaan vaksin bagi daerah-daerah yang mempercepat cakupan vaksinasi lansia. Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan aturan bahwa vaksinasi bagi lansia harus dilaksanakan di fasilitas layanam kesehatan (fasyankes).

Namun kapasitasnya tidak mencukupi maka pemerintah berupaya menghadirkan vaksinasi bergerak di beberapa lokasi, termasuk di mall dengan harapan cakupannya lebih luas dan cepat. Sejauh pelaksanaan vaksinasi, semua berjalan dengan aman dan lancar.

Untuk membantu pelayanan vaksinasi, penyelenggara telah menyiagakan sekitar 20 petugas termasuk dokter, vaksinator, dan administrasi. Juga disiapkan mini icu dan ambulance guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi pasca penyuntikan.

Menkes Budi mengapresiasi bantuan serta kolaborasi yang terjalin antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Ciputra. Karena sinergi antara ketiganya merupakan modal sosial yang sangat penting untuk mempercepat cakupan vaksinasi khususnya bagi lansia.

“Kepada semua elemen masyarakat baik yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin untuk tidak lengah dengan terus menerapkan protokol kesehatan 3M ketat di seluruh aktivitas sehari-hari, guna memberikan perlindungan yang optimal,” kata Menkes Budi. (Foto: Kemenkes)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  16 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Tahap Ketujuh Tiba di Indonesia