Mendikbud Resmikan Gedung SEAMEO CECCEP

Jakarta,wartaterkini.news–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, meresmikan gedung South East Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) di Lembang, Bandung Jawa Barat, Jumat (7/12).

Ide pendirian Pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga untuk ASEAN atau SEAMEO CECCEP, diusulkan oleh Kemendikbud sejak tahun 2015. Dengan diresmikannya gedung SEAMEO CECCEP, maka ini menjadi pusat ke-7 untuk Indonesia dan akan menjadi pusat ke-24 untuk Asia Tenggara.

Baca Juga :  Kepala BNN: Butuh Sinergitas Antar Instansi Terhadap Penyalahguna Narkoba

“Saya harapkan SEAMEO CECCEP ini bisa dimanfaatkan secara maksimal, bukan hanya untuk masyarakat Indonesia saja melainkan untuk masyarakat ASEAN,” kata Mendikbud seperti dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (8/12).

Disebutkan, tentu saja pusat ini harus dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana untuk ke depannya. Tapi paling tidak dengan adanya gedung ini, maka bisa digunakan menjalankan tugas ke depannya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas) Kemendikbud Harris Iskandar menjelaskan, terdapat 3 misi yang dijalankan pusat ini, yaitu: (1) untuk pengembangan pusat riset dan pembangunan PAUD dan pendidikan keluarga; (2) untuk meningkatkan kapasitas para pelaku PAUD dan pendidikan keluarga, serta; (3) sebagai pusat advokasi PAUD dan pendidikan keluarga, dengan lingkup 11 negara ASEAN, dengan 600 juta penduduk.

Baca Juga :  277 ASN di lingkungan Pemerintah Kota Lubuklinggau dilantik oleh Wali Kota

“Semoga pusat ini akan membawa masyarakat Asia Tenggara ke satu level di atasnya,” kata Harris.

Pada kesempatan tersebut, ditandatangani kerja sama antara Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi, dengan 4 calon mitra SEAMEO CECCEP yakni Aide et Action International Southeast Asia and China; Asia Pacific Consortium of Researchers and Educators; Yayasan Global Banjar International “WOW Bali”, serta; Universitas Padjadjaran.

Baca Juga :  Kodim Magelang Kembali Bagikan Sembako Baksos Altar 89

“Kami berharap dengan penandatanganan ini akan semakin menguatkan CECCEP dalam mengemban amanah untuk membantu anak-anak di Indonesia khususnya para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya dan para orang tua dalam mendampingi anak-anak mulai dari usia PAUD sampai SMA,” pungkasnya. (G.Suranto/Juli/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini