Mendag Pastikan Harga Bapok Stabil di Pasar Natar Lampung

Jakarta, wartaterkini.news–Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan satu hari menjelag Hari Raya Iduladha, secara umum harga barang kebutuhan pokok terpantau aman dan stabil di Pasar Natar, Lampung Selatan. Untuk itu masyarakat tidak usah khawatir karena pasokan barang kebutuhan pokok terjaga.

Hal itu disampaikan Mendag Zulkifli Hasan usai mengecek harga kebutuhan pokok di lokasi sementara Pasar Natar, Lampung Selatan, Lampung pada Minggu (16/6/2024). Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim dan Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Sri Sugy Atmanto.

“Besok kita akan melaksanakan Hari Raya Iduladha. Untuk itu, saya mengecek harga barang kebutuhan pokok di beberapa provinsi, termasuk Lampung,” ujar  Zulkifli Hasan dikutip dari siaran pers yang InfoPublik terima pada Minggu (16/6/2024).

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan juga telah melakukan peninjauan barang kebutuhan pokok di beberapa provinsi. Beberapa di antaranya yakni Jawa tengah, Jawa barat, Banten, dan Bengkulu.  

“Secara umum, harga-harga barang kebutuhan pokok stabil. Harga beberapa komoditas seperti ayam, telur, beras, dan bawang turun. Namun, cabai naik sedikit antara Rp50.000 sampai 60.000 per kilogram. Harga cabai di Pulau Jawa sekitar Rp45.000 per kilogram, tetapi di luar Jawa bisa sampai Rp60.000 per kilogram. Bahkan di Bengkulu mencapai Rp70.000 per kilogram, karena berasal dari luar Bengkulu,” ujarnya.

Baca Juga :   BPS Catat Inflasi OKI Stabil Dibawah Target Nasional

Sementara, berdasarkan pantauan di Pasar Natar, harga telur ayam tercatat Rp28.000 per kilogram, daging sapi Rp130.000 per kilogram. daging ayam Rp35.000 per kilogram, cabai rawit Rp35.000 per kilogram, bawang merah Rp36.000 per kilogram, bawang putih Rp37.000 per kilogram, minyak goreng kemasan Rp17.000 sampai 18.000 per liter, minyak goreng Minyakita Rp16.000 per liter, serta beras medium Rp12.000 kilogram.

“Harga bapok di Pasar Natar aman dan stabil. Hanya komoditas cabai saja agak naik sedikit antara Rp50.000 sampai 60.000 per kilogram,” imbuh Zulkifli Hasan.

Baca Juga :   Kapolres OKU Selatan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Musi 2024

Di Pasar Natar, Mendag Zulkifli Hasan juga memimpin kegiatan pasar murah beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Pada kegiatan ini dilakukan penjualan beras kemasan lima kilogram sebanyak 400 paket dengan harga terjangkau.

Usai meninjau barang kebutuhan pokok, Mendag Zulkifli Hasan juga meninjau pembangunan revitalisasi Pasar Natar di Lampung Selatan. Revitalisasi Pasar Natar dibangun di atas lahan seluas 6.462 meter persegu dengan luas bangunan mencapai 6.839 meter persegi.

Revitalisasi Pasar Natar berpedoman pada Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat. Pasar ini dibangun dengan fasilitas yang dapat bersaing dengan pasar modern serta lingkungan yang nyaman dan menarik bagi pengunjung.

Pasar ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan menggunakan anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp44,42 miliar.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Pastikan Harga Pangan di Pasar Tumpah Mamasa Stabil

“Kalau Kementerian PUPR yang mengerjakan, hasilnya bagus dengan kualitas terbaik dan efisien,” ujar Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan berharap, revitalisasi Pasar Natar dapat diselesaikan tepat waktu dan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.

“Diharapkan revitalisasi Pasar Natar dapat membantu dan menyenangkan pedagang di pasar Natar ini. Inshaallah akan diresmikan akhir September atau selambat-lambatnya awal Oktober tahun ini,” ujarnya.