Mencegah Anak Dari Dampak Pergaulan Bebas

Mencegah Anak Dari Dampak Pergaulan Bebas

Muaradua OKU Selatan, wartaterkini.news–Mencegah anak dari dampak pergaulan bebas merupakan sesuatu hal yang mudah dan sulit, Tidak semua pergaulan itu baik. Baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal jika tidak berhati hati maka akan sulit untuk membendung pergaulan bebas anak. Dan sebaliknya akan mudah apabila kita dapat memperhatikan pergaulan anak, mengawasi akses internetnya dan kondisi lingkungan yang sehat.

Mencegah anak dari pergaulan bebas dengan cara memberikan kesibukan yang positif pada anak. Mengikutkan organisasi positif yaitu memberikan Kesibukan diri dengan aktivitas yang baik dan positif.

Sebagai contoh: Pengajian, Organisasi Paskibra, Organisasi Pramuka, Kursus Renang, Belajar Ngoding, Main Game dengan Pengawasan dan lain lainya yang dapat membuat kesibukan yang positif di dalam anak.

Saat anak sudah Remaja maka sebagai orang tua dapat membuat anak kita seperti sahabat kita atau memberikan masukan tidak dengan perintah lagi tetapi dengan menyarankan atau memberikan perintah dengan halus.

Baca Juga :  Miras dan Pergaulan Bebas Picu Terjadinya Kasus Asusila

Contoh Pergaulan bebas diantaranya: Seks bebas atau melakukan hubungan seks diluar pernikahan. Seks bebas untuk saat ini menjadikan momok yang menakutkan untuk generasi penerus kita atau remaja saat ini.

Dimana dengan mudahnya anak anak mengakses film dewasa di pergaulannya yang dapat menyebabkan terjadinya pergaulan bebas di lingkungan anak, untuk itu kita harus memberikan pengawasan terhadap anak kita.

Penyalahgunaan narkoba/kecanduan Narkoba.

Narkoba merupakan yang harus kita waspadai karena dapat merusak generasi kita. Kita dapat mencegah penyalahgunaan narkoba dengan cara memberikan rehabilitasi terhadap orang yang telah mengalami kecanduan narkoba, melaporkan bandar, kurir dan penyalahguna narkoba ke Polisi terdekat, BNN, tokoh masyarakat, tokoh dat, sehingga dapat di musyawarahkan sehingga tidak menjadikan bertambahnya penyalahguna Narkoba di lingkungan kita.

Baca Juga :  Daftar Produk Moisturizer untuk Kulit Berminyak Banyak Kandungan

Tawuran Pada Remaja.

Tawuran di usia remaja dapat kita kategorikan sebagai pergaulan bebas, dimana terjadinya tawuran karena cekcok antar sekolah, cekcok antar kelompok, tawuran antar desa.

Dapat pula kita sebut tawuran dapat diduga munculnya kriminalitas atau ambang gangguan yang dapat menyebabkan aksi pengeroyokan, penganiayaan, perampokan di masa yang akan datang dll yang dapat merugikan orang lain baik secara ekonomi, fisik, kejiwaan dan lainya.

Menghindari pergaulan bebas dapat kita terapkan dengan cara: 1. Mempererat hubungan orang tua dan anak.

Memberikan hubungan seperti sahabat untuk anak dan arang tua, ketika kita membuat anak kita seperti sahabat anak akan dekat dan lebih terbuka terhadap kita, dimana persoalan akan di bicarakan ke orang tua, orang tua pun akan berusaha memberikan solusi yang baik dan sama sama untuk memberikan pemecahan masalah.

Baca Juga :  Manfaat Psikiater Bagi Pemulihan Ketergantungan Narkoba

2. Memberikan pendidikan seks pada anak di usia remaja. Keinginan tahuan pada remaja sangatlah tinggi dan berkaitan seksualitas di era modern atau 4.0 saat ini sangat mudahnya membuka film film dewasa, yang tidak dapat kita hindari baik di rumah maupun di lingkungannya.

Informasi untuk seksualitas sebaiknya kita berikan sejak dini tapi tentu dengan bahasa yang cocok dengan usia anak.

3. Memperkuat pendidikan agama
salah satu cara untuk menghindari pergaulan bebas ialah dengan memberikan pendidikan agama yang baik untuk anak. Sudah menjadikan kewajiban orang tua memberikan pendidikan yang baik untuk anaknya.

Pendidikan agama dapat pula menjadi landasan Integritas yang kuat untuk anak sejak dini, tertanam nilai moral, nilai agama dan menghindari pergaulan bebas yang menyimpang. Beberapa diantaranya di kutip dari tempo

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini