banner 728x250

Memperingati Hari Lahir Pancasila Wakil Bupati Halsel Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

HALSEL, wartaterkini.com id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Asombang Kamis (1/6/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara wakil Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba Sementara Sekertaris Daerah(Sekda) Halsel Ir. Saiful Turuy bertindak membacakan UUD 1945.

Upacara dihadiri pula anggota Forkopimda Halsel Sekretaris Daerah Sekda Ir. Saiful Turuy beserta para pejabat utama, kepala perangkat daerah, serta seluruh Apararur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Halmahera Selatan

Membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, wakil Bupati Halsel Basam Kasuba menyampaikan, bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni merupakan hari yang paling bermakna bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga :   Aksi Kemanusiaan, PJ Bupati: Masyarakat Morotai Berdiri Bersama Rakyat Palestina

Orang Nomor Dua Di Linkub Pemkab Halsel itu juga, menuturkan, Pancasila merupakan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

Dimana, pengalaman dari setiap nilai-nilai Pancasila perwujudan rasa cinta terhadap tanah air yang bisa membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik.ucapnya

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” kata.Bassam

Baca Juga :   Gegara Status Penebangan Pohon, Pemuda Asal Desa Ngele-Ngele Dianiaya. Pelaku Resmi Dipolisikan

Ia, juga mengajak seluruh masyarakat Halmahera Selatan untuk terus menggelorakan semangat Pancasila dan berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” tegas wakil.(jul)