Membahayakan Siswa, Sarang Tawon Vespa Affinis Dievakuasi Tim Rescue Damkar dari Sekolah

BEKASI. kilat.com – Petugas Rescue Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi mengevakuasi sarang tawon Vespa Affinis di sebuah sekolah SMP IT Kun Fayakun di Perumahan Vila Gading Harapan, Kebalen, Kecamatan Babelan.

Keberadaan sarang tawon Vespa Affinis tersebut pertama diketahui oleh salah satu guru yang melihat adanya segerombolan tawon kerap terbang berkeliaran dilantai 3 sekolah.

“Itu awalnya kita tahu ada sering terbang tawon ini ke arah atas lantai tiga, pas kita cari ternyata itu ada sarangnya,” ujar Fajriah Kepala Sekolah SMP IT Kun Fayakun, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga :  Polisi Kembali Ciduk Bandar Ganja di Wilayah OKU Selatan

Lantaran khawatir mengganggu para siswa, kemudian penemuan sarang tawon tersebut dilaporkan ke tim Rescue Damkar agar bisa dievakuasi.

“Takutnya menyengat siswa kalau dibiarkan, infonya kan jenis tawon vespa itu cukup bahaya juga, makanya kita minta tolong Damkar untuk dievakuasi sarang tawonnya.” ucap Fajriah.

Menurut Eka Mulyana salah satu petugas Rescue Damkar PosBabelan mengatakan, sarang tawon vespa affinis itu berada di tiang plafon lantai 3, dengan ukuran sebesar kepala orang dewasa.

Baca Juga :  Ipda Erwin Gantikan Ipda Galuh Duduki Kapolsek Pagaralam Selatan 

Petugas dengan menggunakan APD (alat pelindung diri) agar saat melakukan evakuasi sarang tawon tersebut dapat melindungi diri dari sengatan, guna menghindari amukan kelompok tawon tersebut, petugas terlebih dulu menyemprotkan cairan racun serangga.

“Alhamdulillah sudah kita evakuasi tadi, sebelumnya kita semprotkan cairan racun serangga terlebih dulu, sehingga tawon-tawon tersebut bisa dilumpuhkan baru kita evakuasi sarang tawonnya.” jelasnya.

Baca Juga :  Opening Tournament Bupati CUP II Morotai, Pukau Ribuan Penonton

Butuh waktu 30 menit untuk petugas melakukan proses evakuasi, selanjutnya sarang tawon tersebut dibawa ke Pos Damkar Kecamatan Babelan untuk dimusnahkan.

Beruntung, tidak ada korban akibat sengatan selama tawon Vespa Affinis tersebut bersarang di palfon sekolah. Pasalnya, tawon jenis ini merupakan salah satu jenis tawon yang berbahaya dan mampu mematikan manusia dalam waktu singkat. (Eka/Red).

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini