Melanggar Aturan, 625 APK Caleg Ditertibkan

Indralaya,Ogan Ilir,Wartaterkini.News–Setiap Alat Peraga Kampanye (APK) Milik Calon Legislatif (Caleg) yang akan bertanding pada Pileg April 2019 mendatang yang dinyatakan melakukan pelanggaran langsung diberi peringatan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Oleh karena itulah, Bawaslu Kabupaten OI, Jumat (21/12/2018) pukul 15.00 WIB melakukan peringatan secara tertulis dengan memasang stiker peringatan ke sejumlah APK caleg yang terpajang di lokasi yang terlarang.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, DPD PPNI Morowali Gelar Musda dan Seminar

“Berdasarkan surat edaran dari Bawaslu RI No 1990 bahwa terdapat tempat-tempat yang dilarang untuk dipasang alat peraga kampanye. Maka dari itu, hari ini kita lakukan tanda peringatan melalui stiker ke-APK-APK yang melanggar untuk segera dicabut 1 x 24 jam oleh Caleg yang bersangkutan,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten OI Dermawan Iskandar.

Ditambahkannya, “Apabila dalam jangka waktu 1 x 24 jam APK-APK yang sudah diberi peringatan pelanggaran tidak juga diindahkan oleh Caleg bersangkutan. Maka pihaknya akan segera merekomendasikan kepada Pemda OI melalui Satpol-PP untuk melakukan upaya penertiban secara bersama” Terangnya.

Baca Juga :  Cegah PMK, Babinsa, Penyuluh Pertanian dan Aparatur Desa Cek Kesehatan Ternak

Dijelaskannya, Titik-titik rawan pelanggaran APK mulai dari pemasangan APK di fasilitas umum, estetika lingkungan dan lain-lain.

Mulai dari APK yang terpajang di pohon, tiang listrik, fasilitas pemerintah, rumah sekolah dan lingkungan Unsri Indralaya.

“Sampai dengan hari ini, ada 625 APK yang melanggar diseluruh Kecamatan yang tersebar di Kecamatan Kabupaten OI,” kata Ketua Bawaslu OI Dermawan Iskandar”. (Arman/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini