Masuki Musim Panen Padi, Sebagian Petani di OKU Timur Terancam Gagal Panen

oleh -482 views

OKU Timur Sumsel, wartaterkini.news–Kabupaten OKU Timur terkenal dengan lumbung pangan kaya akan hasi berasnya, beberapa desa sudah mulai memasuki musim panen walaupun petani di OKU Timur panen tidak serentak dikarenakan musim tanam berpariasi ada yang dalam waktu satu tahun 2 sampai 3 kali. Rabu (21/07/2021).

Namun pada musim kali ini tidak sedikit petani OKU Timur mengalami gagal panen, karna serangan hama tikus dan padi amblas, kemungkinan ini terjadi diduga waktu tanam tidak serempak, tapi bagi petani yang bernasib baik hasil panennya juga lumanyan bagus.

Baca Juga :  Terkait Pandemi Covid-19, Jiah Salah Satu Warga OKU Timur Bersuara

Salah satu contoh desa Sidomulyo Belitang pada saat ini panen raya, oleh sebab itu sebagian petani yang mengalami gagal panen, itu perlu diberikan penyuluhan dari pihak terkait, agar kedepannya hasil pertanian mereka bisa maksimal.

Siswanto salah satu petani di OKU Timur mengatakan, kalau bisa musim tanam serempak agar hama dan siklus tikus bisa seimbang, kalau tidak serempak seperti ada yang baru tanam, ada juga yang mau panen, mungkin ini yang menjadikan hama itu berpindah tempat dan siklus hama serta tikus tidak beraturan.

Baca Juga :  Musim Tanam Padi di OKU Timur, Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk

“Sebagai petani saya juga berharap agar disaat musim panen harga gabah dan beras ditingkat petani agar selalu stabil, mengingat untuk perawatan, pupuk serta obat obatan menggunakan biaya”,harapnya. (Saiful/Red)

Print Friendly, PDF & Email