Masuk Semester II, Dispar Morotai Tak Capai 50 Persen Target PAD 2022, Ada Apa?

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Mamasuki semester II tahun 2022, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara masih jauh dari harapan.

Pasalnya, dari target PAD yang diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), Dispar Morotai hingga kini per 28 Juli 2022 belum mencapai 50 persen dari target yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Pulau Morotai, Kalby Rasyid, saat ditemui, kamis (28/07/2022) menuturkan target PAD yang ditentukan oleh Pemda Morotai sebesar 1 Miliar.

“Target PAD yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah untuk Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, kurang lebih 1 Miliar,” tuturnya

Baca Juga :  Pengurus Pemuda Katolik Komcab Pulau Morotai Resmi Dilantik

Dari target PAD tersebut, ia mengaku hingga kini belum mencapai 50 persen.

“Namun hingga memasuki semester II atau pertengahan tahun ini kami belum mencapai 50 persen, intinya belum mencapai 50 persen,” akuhnya

Diselah itu Kalby juga memaparkan suatu kendala sehingga PAD Dispar Morotai pada semester I kian merosot, akibat pajak retribusi usaha kuliner di nilai terlalu besar oleh para pelaku usaha kuliner.

“Sampai hari ini kami belum melakukan penarikan retribusi karena dari pihak kuliner sendiri masih menganggap pajak retribusi terlalu besar. Ini yang menjadi kendala, saat ini kami masih mencari titik tengah terkait dengan pajak retribusi yang menjadi kewajiban mereka yang harus mereka setor ke Pemda Morotai,” ujar Kalby ketika di bincangi wartawan pada ruang kerjanya

Baca Juga :  Lanud Leo Wattimena Morotai Ikuti Perayaan HUT Pia Ardhya Garini ke 65

Adapun upaya – upaya yang akan dilakukan Dispar Morotai untuk menggenjot PAD diantaranya, pihaknya bakal melakukan formula baru pada destinasi wisata Pulau Dodola serta mengoptimalkan komunikasi dengan para Pelaku Usaha Kuliner.

“Untuk mengejar PAD, upaya yang kami lakukan yakni untuk Wisata Pulau Dodola kami akan melakukan formula yang bagus sehingga angka kunjungan wisata meningkat dan berdampak pada peningkatan PAD. Hal yang sama juga kami akan lakukan di usaha -usaha Kuliner, kami akan mengoptimalkan komunikasi sehingga mereka memiliki kesadaran untuk membayar pajak retribusi,” bebernya

Baca Juga :  Camat Sukakarya Hadiri Pertemuan dan Pelatihan Penyuluh Pertanian

Diketahui sumber PAD Dispar Morotai yakni melalui Destinasi Wisata Pulau Dodola, Usaha Kuliner Taman Kota Daruba, Kuliner Bangsaha serta Usaha Kuliner pada Ex lokasi Sail Morotai dan lainnya. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini