Manfaat Psikiater Bagi Pemulihan Ketergantungan Narkoba

Manfaat Psikiater Bagi Pemulihan Ketergantungan Narkoba

Muaradua OKU Selatan, wartaterkini.news–Masyarakat di hadapkan pada masalah besar dalam menghadapi pecandu Narkoba. Banyak sekali alasan yang dapat menyebabkan kecanduan, dari trauma masa kecil terhadap keluarga yang menggunakan Narkoba, Kerabat, tempat kerja dll nya.

Pengguna narkoba dapat mengakibatkan kerusakan otak dan memiliki pengaruh kuat terhadap pikiran dan emosi dan perilaku pemakainya. Cara terbaik untuk menolongnya yaitu menjalani Rehabilitasi Narkoba.

Berapa biaya untuk melakukan Rehabilitasi Narkoba?

Menurut Laporan dari Kelompok Ahli BNN pada 2020 lalu, sejumlah panti Rehabilitasi Swasta memasang harga 30- 150jt dalam sebulan. sedangkan untuk tarip di panti rehabilitasi negara berkisar di angka RP3-4 juta perbulan.

Peran Psikiater atau dokter spesialis kedokteran jiwa sangatlah penting untuk memulihkan penggunaan narkoba dengan pendekatan biologis, psikologis dan sosial. Putaran uang di lingkup NARKOBA begitu besar, Semuanya mahal jangan sampai terkena di diri kita ataupun keluarga Nauzubillahiminzalik.

Baca Juga :  Rekomendasi Jersey Bola dari Merk Besar Terbaik

Mengapa pecandu Narkoba membutuhkan Psikiater

Penggunaan Narkoba dari dosis pertama pemakaian dapat menimbulkan kondisi Adiksi/kecanduan bagi penggunanya. Merusak Fisik dan Mental pecandunya. Selain itu dapat berkembang menjadi gangguan Kejiwaan, Depresi ringan-Depresi berat, gangguan cemas, mudah mas was, gelisah, sampai berhalusinasi dan waham.

Fakta terjadinya penggunaan narkoba biasanya terus meningkat dosis penggunaan yang di pakainya, dapat mengakibatkan Sistem Saraf PUTUS dengan sangat besar.

Pecandu narkoba bisa menjadi apatis dan kehilangan minat pada segala hal yang dulu mereka sukai. Semua pertanyaan yang diajukan oleh orang lain dianggap mengganggu.

Dia dapat dengan mudah berteriak entah dari mana, melepaskan emosinya, atau sulit mengendalikan dirinya. Penutupan diri dan penarikan diri dari aktivitas sosial juga dapat terwujud. Kerabat dan teman tampaknya telah berhenti mengenali pengguna karena kepribadian dan perubahan perilaku mereka yang sangat berbeda.

Ketika seorang pecandu “mematikan” dari semua orang, ini sangat berbahaya. Karena itu berarti menghalangi bantuan dari orang lain dan tidak percaya ada cara untuk menyelesaikan masalah. Dalam keadaan itu, dia mungkin akan mengatakan bahwa semuanya baik-baik saja.

Baca Juga :  Peduli Generasi Muda, LAN Pali Bekerja Sama Dengan BNN Prabumulih Dalam Merehab Pecandu Narkoba

Jika dibiarkan, bisa dipastikan pecandu narkoba akan semakin kecanduan konsumsi narkoba yang semakin tidak terkendali. Seorang pecandu membutuhkan psikiater untuk pulih. Kecanduan narkoba pada dasarnya adalah bentuk kecanduan fisik dan mental.

Ia merasa tidak mampu untuk berhenti menggunakan narkoba karena ia percaya bahwa hanya obat-obatan yang dapat memenuhi kebutuhannya. Psikiater mengoreksi pandangan yang salah itu.

Pecandu melakukan program pemulihan menggunakan psikoterapi atau farmakoterapi, tergantung pada kebutuhan setiap pasien berdasarkan kasus per kasus di pikiran rakyat.

Psikiater dalam Rehabilitasi Kecanduan Narkoba

Mengobati kecanduan adalah proses yang kompleks dan membutuhkan perawatan yang holistik dan terintegrasi. Obat-obatan farmakoterapi dari dokter dapat membantu pecandu dari sindrom putus obat dan memulihkan kesehatan fisik. Tetapi pecandu membutuhkan program rehabilitasi narkoba.

Baca Juga :  Penjambret Nenek di Tanjung Duren Jakarta Barat Positif Pecandu Narkoba

Penting untuk menjaga kondisi fisik dan memulihkan fungsi, termasuk kerja otak dan sistem saraf pusat, yang diperlukan untuk keberhasilan rehabilitasi. Perawatan membantu orang merasa lebih baik secara fisik dan mental.

Pada awal proses rehabilitasi sangat penting untuk memulai langkah dengan pemulihan fisik dan mental. Pecandu membutuhkan perawatan psikiater. Pecandu mengalami perubahan pada tingkat fisiologis yang mempengaruhi otak dan sistem saraf pusat.

Oleh karena itu, kita perlu menata kembali persepsi spiritual kita, salah satunya adalah pemberian obat-obatan dan psikoterapi.

Pecandu sering kekurangan kekuatan atau motivasi untuk berjuang sendiri. Akibatnya, dia putus asa dan membiarkan semuanya berjalan dengan sendirinya, yang justru membawanya kembali ke kecanduan narkoba. Psikiater dapat mengobati berbagai kondisi fisik dan mental pecandu, seperti depresi, ledakan amarah, dan serangan putus asa tak terkendali yang dialami pecandu.

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini