Mahasiswa UNIMMA Adakan Kegiatan Cegah Stunting di PAUD Aisyiyah Bumirejo Mungkid

oleh

Magelang Jateng, wartaterkini.newsSejumlah mahasiswa dan dosen dari UNIMMA kembali menggelar program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu atau PPMT di PAUD Aisyiyah, Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Pengabdian kali ini berupaya untuk mencegah stunting dengan meningkatkan status gizi pada anak.

Anggota PPMT terdiri dari tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan dan satu mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis. Tim PPMT diketuai oleh Ns. Estrin Handayani, MAN, selaku dosen pendamping lapangan dari Fakultas Ilmu Kesehatan UNIMMA.

Baca Juga :   Tim Patroli Perintis Poltrestro Bekasi Amankan Empat Pemuda Pelaku Tawuran

Ketua Tim PPMT Ns. Estrin Handayani mengatakan PAUD Aisyiyah Bumirejo menampung anak-anak KB, PAUD dan TK dengan kisaran 86 sampai 100 anak dari wilayah Bumirejo. Dikarenakan banyak orang tua yang menitipkan anaknya di PAUD Aisyiyah Bumirejo.

“Tempat ini memiliki potensi untuk menyelenggarakan program PPMT mengenai pencegahan stunting pada anak melalui asupan gizi anak,” ujarnya, Selasa (24/01/2023).

Selain itu, lanjut Estrin, dari pelaksanaan Posyandu di PAUD Aisyiyah Bumirejo pada bulan Desember 2022 masih terdapat anak yang asupan gizinya kurang sehingga dapat menyebabkan stunting.

Baca Juga :   Tahun Baru Imlek, Pantai Pajala di Padati Pengunjung 

“Hal ini dikarenakan kurangnya informasi mengenai stunting pada orang tua dari anak tersebut,” lanjutnya.

Ns. Estrin mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mencegah stunting pada anak, mengenalkan hidup sehat, memantau tumbuh kembang anak dengan mengisi Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Serta mengenalkan makanan sehat serta bergizi untuk mencegah stunting.

“Pengisian kuesioner tersebut bertujuan agar wali murid mengetahui perkembangan anaknya masing-masing,” ungkapnya.

Untuk mendukung program pencegahan stunting, tim PPMT juga membantu acara posyandu di PAUD Aisyiyah Bumirejo. Selain itu tim PPMT juga mengadakan lomba bekal sehat kepada anak-anak PAUD, mendesain ruang bermain dan beristirahat.

Baca Juga :   DPR RI Dukung Angkatan Darat Perkuat Satuan Siber

“Serta melakukan pembudidayaan tanaman hias dan sayuran di lingkungan PAUD Aisyiyah Bumirejo. Kegiatan ini untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak-anak,” pungkasnya. (Kelana/Red)