Lokakarya Audit Mutu Internal Akademi Militer TA 2022 Resmi Dibuka

Kota Magelang Jateng, wartaterkini.newsGubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. membuka “Lokakarya Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI PT) Akademi Militer”. Kegiatan bertempat di Gedung Auditorium Universitas Tidar Magelang, Kota Magelang, Kamis (18/08/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Para Pejabat Distribusi Akademi Militer, Para Gadik dan Gapendik Akademi Militer, juga Rektor Universitas Tidar Magelang Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc., beserta segenap Civitas Akademika Universitas Tidar Magelang. Kemudian Dr. Wonny A. Ridwan, M.M. (KaDiv IT P2SDM IPB University), Dr.Yudi Chadirin, STP., M.Sc., (Wakil Kepala Advanced Research Lab IPB),

Gubernur Akademi Militer mengucapkan “Selamat” atas terselenggaranya “Lokakarya Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI PT) Akademi Militer”. Serta berterimakasih kepada para Pemateri dari IPB dan para peserta lokakarya.

Baca Juga :  Kabupaten Temanggung Terima Penghargaan Indikasi Geografis Terbanyak Se-Indonesia

“Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Penjaminan mutu pada pendidikan tinggi dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan (PPEPP) Standar Pendidikan Tinggi (SPT),” tegas Gubernur Akademi Militer.

Dikatakan, SPMI yang dilaksanakan oleh Akademi Militer bertujuan menjamin pemenuhan Standar Nasional Dikti secara sistemik dan berkelanjutan.

“Sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu di setiap Program Studi di Akademi Militer. Pelaksanaan SPMI mengikuti kaidah PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Pengembangan standar yang telah ditetapkan,” sambung Mayjen Legowo.

Gubernur Akmil juga menyampaikan, pada tahapan Evaluasi dilakukan melalui Audit Mutu Internal (AMI). Audit mutu internal merupakan sebuah proses yang sistematis, mandiri dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit telah terpenuhi.

Baca Juga :  Akmil Rayakan HUT Ke-76 Persit Kartika Chandra Kirana

Dalam pengelolaan Prodi maupun Institusi diperlukan budaya disiplin sebagai kunci untuk mendapatkan kepercayaan dan profesionalisme dalam tugas.

“Disiplin ini diawali dari disiplin waktu, pribadi dan sikap mental yang harus dikedepankan dalam setiap penyelesaian tugas dan tanggung jawab sesuai bidang tugas kita masing-masing,” ujar Mayjen Legowo.

Guna meningkatkan kemampuan auditor mutu internal di Akademi Militer, perlu dilakukan pelatihan bimbingan teknis mengenai audit mutu internal bagi pengelola Prodi di Akademi Militer. Seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan penyelenggaraan Lokakarya Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI PT) kali ini, yaitu meningkatkan kerja sama antara Akademi Militer dan Universitas Tidar Magelang. Terutama dalam mewujudkan kompetensi auditor mutu internal agar diperoleh hasil audit dan perguruan tinggi yang unggul.

Baca Juga :  BPS Wacanakan Desa Cinta Statistik di OKU Selatan

Lokakarya yang diikuti oleh 70 peserta ini memiliki target sasaran meningkatkan pemahaman peserta lokakarya. Serta terwujudnya tingkat kompetensi yang optimal dalam mendukung tugas penjaminan mutu Audit Mutu Internal.

Kemudian memperluas wawasan tentang peningkatan kemampuan mengaudit mutu di Lembaga Perguruan Tinggi. Sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan status akreditasi dengan memahami materi yang disampaikan oleh para pakar akademisi.

“Di antaranya tentang Kebijakan Nasional SPMPT, Pemahaman Evaluasi Pelaksanaan (EP) SPMI, Pembuatan Instrumen Evaluasi SPMI dan Evaluasi Diri. Kemudian Praktik Pembuatan Instrumen EP SPMI dan Evaluasi Diri dan materi lainnya yang tentunya telah disiapkan dengan baik oleh para pemateri,” pungkas Gubernur Akademi Militer. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini