Lindungi Seluruh Kepala Desa, Bupati Morotai dan BPJS Ketenagakerjaan Teken Perjanjian Kerjasama

Penandatangan Perjanjian Kerjasama

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Dalam rangka memberikan perlindungan kepada para Kepala Desa (Kades), BPJS Ketenagakerjaan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai secara resmi melaksanakan penandatangan Perjanjian Kerjasama.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama sekaligus Rapat Kerja Operasional tersebut berlangsung di Hotel Molokai, Jum’at (23/09/2022).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Halmahera Utara Merry Taroreh dalam sambutannya membeberkan manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan bagi para Kepala Desa diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Ia juga berharap agar kedepannya BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan sosialisasi di masing-masing desa se Kabupaten Pulau Morotai.

“Semoga Program ini dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat di seluruh Kabupaten Pulau Morotai,”harapnya

Perlu diketahui, sambung Merry, Perjanjian Kerjasama ini merupakan turunan atas Perjanjian Kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Kementerian Desa RI.

Diselah itu, Pejabat Bupati Morotai, Muhammad Umar Ali berkomitmen bahwa Pemda Morotai saat ini terus berupaya mengoptimalisasi Program BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Pulau Morotai.

Baca Juga :  Kembangkan Tata Kelola Pariwisata, Komisi III DPRD Haltim Studi Banding di Morotai

“Beberapa bulan lalu, masih dengan BPJS Ketenagakerjaan, kita sudah Menandatangani Perjanjian kerja Sama terkait perlindungan jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja kepada 2200 Nelayan Morotai. Hari ini, masih dengan BPJS Ketenagakerjaan, kita tingkatkan kuantitas dan kualitas layanan itu kepada 88 Kepala Desa se-Kabupaten Pulau Morotai. Desa sebagai penerima manfaatnya,” ungkapnya

Untuk itu, Bupati yang akrab di sapa Amat ini, menjelaskan bahwa hal pokok yang mendasari Pemda Morotai soal jaminan sosial terletak pada Pemerintah dan masyarakat Morotai untuk sejahtera bersama.

Soal Jaminan Sosial, Morotai adalah kabupaten dengan cakupan jaminan kesehatan terluas di Maluku Utara. Morotai juga menyediakan Saranan/prasarana penunjang kesehatan yang memadai untuk melayani kesehatan masyarakat gratis berkualitas.

Baca Juga :  Tiga Terdakwa Kasus Dana Desa Kuala Makmur Simeulue Divonis Bebas

Menurutnya, Kepala Desa adalah ujung tombak pemerintahan yang sesungguhnya. Merekalah yang memiliki warga seutuhnya. Maka sangat naif jika, pemerintah mengabaikan hak-hak dan perlindungan Kepala Desa. Kepala Desa juga perlu jaminan sosial sama dengan mayoritas Warga Morotai yang tercakup dalam Universal Health Coverage (UHC).

“Kebijakan ini sifatnya fasilitatif, Pemda Morotai merasa bertanggungjawab atas Dharma Bakti para Kades yang cukup singkat hanya 6 tahun dalam satu periode. Untuk itu, kami merasa perlu untuk menjadikan momen pengabdian ini sebagai limit waktu yang disediakan untuk menabung dana pensiun,” terangnya

Lanjut Amat, sangat disayangkan jika nanti pasca menjabat, tidak membekaskan satu oleh-oleh yang mengandung berkah dari jerih paya sendiri, maka melalui program ini, pihaknya berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, yang sudah bekerjasama dalam mempersiapkan tabungan bagi para Kades se Kabupaten Pulau Morotai.

Baca Juga :  LRT Sumsel Makin Cepat Sekarang

Pasca Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, ia juga harap ada satu komitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, kemudian terjalin mitra yang saling memberi manfaat.

Suasana Rapat Kerja Operasional dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait Perlindungan Kepala Desa di Kabupaten Pulau Morotai

“Kita harus luruskan niat, bahwa kita diberi amanah untuk melayani: Melayani untuk kepentingan masyarakat, Melayani Kebutuhan Keluarga dan Melayani Kehendak Publik,”pungkasnya

Diakhir sambutan, pihaknya akan meninjau kembali agar seluruh Aparatur Desa se Kabupaten Pulau Morotai di ikutkan dalam Program BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima manfaat Jaminan Sosial dimaksud.

Pantauan wartaterkini.news, usai penyampaian sambutan, dilanjutkan dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Bupati Morotai dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Halmahera Utara yang didampingi langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Ternate yang di wakili oleh Kepala Bidang Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Ternate Sony Ek.a Santana. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini