Libur Tahun Baru 2022 Membawa Berkah Bagi UMKM di Kawasan Danau Ranau OKU Selatan

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Sejumlah objek wisata di kawasan Danau Ranau, kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dipadati pengunjung pada tahun baru, Sabtu (01/01/2022). Hingga Sabtu siang jumlah pengunjung yang datang mencapai ribuan orang.

Para wisatawan tidak hanya datang dari OKU Selatan dan sekitarnya, namun sebagian juga dari luar kota. Misalnya Lahat, Muaraenim, dan Bengkulu. Mereka datang ke kawasan danau ranau untuk mengisi libur akhir tahun dan merayakan tahun baru.

Plt Kasat Pol PP Kabupaten OKU Selatan Drs Herman Azedi mengatakan, kunjungan pada Sabtu, 1 Januari 2022, lebih banyak dibandingkan dengan libur Natal sepekan lalu.

Baca Juga :  BPBD OKU Selatan Himbau Pengunjung Danau Ranau Untuk Waspada di Lokasi Rawan Longsor

“Pada liburan Natal, jumlah pengunjung tidak terlalu ramai. Namun pada Sabtu ini jumlah pengunjung mencapai ribuan, bahkan di siang hari ini sempat terjadi kemacetan disepanjang jalan bibir pantai Danau Ranau menuju Vila Pusri, begitu juga sebaliknya. Keramaian ini kemungkinan akan bertambah sampai sore,” kata Azedi.

Menurutnya, berbagai antisipasi telah dilakukan, salah satunya membuat jalan satu arah menuju kawasan Danau Ranau.

“Ada petugas pengaman wisata yang disiagakan, arus lalu lintas di buat satu arah. Pengunjung yang akan masuk kawasan Danau Ranau diarahkan melalui Banding Agung untuk menuju kawasan pantai pelangi dan pusri”jelasnya.

Baca Juga :  Ini Jadwal Keberangkatan Jamaah Calon Haji Pulau Morotai Tahun 2019

Lebih lanjut Kasat Pol PP mengatakan, libur tahun baru ini membawa berkah tersendiri bagi pelaku usaha pariwisata yang berada di berapa obyek wisata yang ada di Kawasan Danau Ranau. Hal ini karena pendapatan yang diperoleh jauh meningkat dibanding hari libur biasanya.

“Tentu saja ini suatu hal yang bagus karena masyarakat terutama yang memiliki jasa usaha pariwisata dan kuliner di objek-objek wisata itu bisa mendapatkan pemasukan dengan banyaknya pengunjung, sehingga UKM bisa bergerak dengan baik”, tuturnya.

Baca Juga :  Aliansi Mahasiswa Geruduk Kantor DPRD OKU

Ia juga mengingatkan seluruh pengelola objek wisata untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat yang berkunjung di objek wisata agar kamimenerapkan protokol kesehatan.

“Selama liburan kemarin kita juga terbantu dengan adanya sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan kepada wisatawan yang dilakukan oleh Polres OKU Selatan di beberapa obyek wisata,” jelasnya.

Herman Azedi berharap, sektor pariwisata ke depan bisa menjadi salah satu sektor yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama yang bergerak di sektor-sektor pendukung jasa usaha pariwisata. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini