Lewat Musyawarah Mufakat, Abdul Halil Husain Kembali Pimpin Forum Jurnalis Online Morotai

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Musyawarah Besar (Mubes) dan Penyegaran Struktur Organisasi. Abdul Halil Husain kembali terpilih sebagai Ketua Umum Forum Jurnalis Online Morotai (FJOM) secara Musyawarah Mufakat.

Mubes dan Penyegaran struktur Organisasi FJOM ini berlangsung pada sabtu (29/01/2022) bertempat di Coffee Dokter, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Sebelum pemilihan digelar, Sekretaris FJOM Veynrich T.E Merek jurnalis asal wartaterkini.news, saat memimpin agenda istimewa FJOM 4 tahun sekali ini memaparkan kriteria Pencalonan Ketua FJOM.

Menurutnya, berdasarkan Aturan Dasar (AD) FJOM, pasal 14 ayat (2) menjelaskan bahwa Bakal Calon Ketua FJOM harus dipilih secara musyawarah mufakat ataupun secara aklamasi, namun Bakal Calon Ketua harus memenuhi minimal dua kriteria, pertama, wartawan aktif yang telah menjadi Anggota FJOM dan kedua telah mengantongi Sertifikat Dewan Pers melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Baca Juga :  Dinkes OKU Gelar Operasi Katarak Geratis

“Disamping itu, mekanisme lain terkait Mubes dan Penyegaran Struktur Organisasi telah diatur dalam Aturan Rumah Tangga, pasalnya AD/ART FJOM adalah bagian yang tidak terpisahkan,” ujarnya

Akhirnya, lewat musyawarah mufakat, secara Organisasi kembali menetapkan Abdul Halil Husain jurnalis asal Times Indonesia menjadi Ketua FJOM periode 2022-2025.

Situasi Musyarawah Besar dan Penyegaran Struktur Organisasi FJOM

Selanjutnya, pada agenda kedua tentang Penyegaran Struktur Organisasi FJOM yang dilaksanakan secara musyawarah, maka ditetapkanlah Surat Keputusan FJOM Nomor 001/FJOM-PM/I/2022 tentang Pembentukan Kepengurusan Forum Jurnalis Online Morotai periode 2022 – 2025 dengan lampiran Surat Keputusan sebagai berikut:

Baca Juga :  DPRD OKU Selatan Gelar Sidang Paripurna Pembahasan Rancangan Perubahan APBD Tahun 2019

Ketua Umum, Abdul Halil Husain wartawan Times Indonesia, Sekretaris Veynrich T.E Merek, Bendahara Hizbula Ode wartawan IndoTimur, Koordinator Peliputan Julfaid Kokodaka wartawan Koran Malut, Koordinator Bid Kemitraan Abdu Simuda wartawan Brindo.news, Koordinator Bidang Organisasi
Lasurdin Laode Madelis wartawan Info Malut, Koordinasi Bidang Komunikasi M. Bahrul Kurung wartawan Berita Detik dan Koordinator Dokumentasi dan Publikasi Ahlit Hape wartawan Koridor Malut.

Diselah itu, Abdul Halil Husain mengucapkan terima kasih atas mandat yang kembali dipercayakan kepadanya serta mengucapkan selamat datang kepada rekan-rekan FJOM yang baru bergabung dan telah sah menjadi pengurus inti FJOM.

Wartawan senior yang menakodai FJOM dua periode ini membeberkan sepak terjang sering pengalaman sebagai wartawan selama puluhan tahun, selain itu ia juga memberikan motivasi dan semangat juang sebagai jurnalis.

Baca Juga :  Baru Selesai Dikerjakan, Proyek Peningkatan Jalan SP Priok-Kelurahan Rahma Rusak

“Sebagai wartawan, harus menjalankan tugas jurnalistik secara profesional dan independent serta mengedepankan Kode Etik Jurnalistik, dalam penulisan berita harus berimbang dan tidak boleh sepihak,”tuturnya

Lilo sapaan akrap Ketua FJOM, juga menegaskan tekait dengan kualitas karya jurnalistik bagi rekan-rekan FJOM.

“Wartawan yang tergabung dalam FJOM harus berlomba-lomba mengembangkan kualitas penulisan berita dan berinovasi,” imbaunya

Diakhir pemaparan, Lilo mengingatkan bahwa seorang wartawan harus berfikir positif dan profesional dalam mengelola isu-isu yang masih bersifat opini, sehingga karya junalistik yang dilahirkan benar-benar faktual untuk dikonsumsi khalayak publik. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini