Lestarikan Warisan Budaya, Sumsel Gelar Festival Batik Dan Kain Khas Sumsel

Palembang, wartaterkini.news–Provinsi Sumatera Selatan menggelar festival Batik dan Kain Khas Sumsel untuk melestarikan warisan budaya Sumsel, yang berlangsung selama 3 hari yang di mulai dari tanggal 25 hingga 27 Oktober 2019, di PTC Mall.

Pagelaran ini diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Perindustrian Prov Sumsel, Dekranasda Sumsel, Harian Sumatera Ekspres serta Forum CSR harian pagi Sumatera Ekspress (Sumeks) yang dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru

Baca Juga :  Inilah 99 Pejabat Baru di Lingkungan Pemprov Sumsel

Pada kesempatan itu, Ketua Dekranasda Sumsel Febrita Lustia Herman Deru (Feby Deru) mengajak kepada semua yang hadir juga kepada seluruh masyarakat Sumsel untuk mengenakan batik khas Sumsel.

“Payoo… kita kenakan dan bangga dengan batik Sumsel juga kain khas Sumsel lainnya. Saya sengaja sekarang pakai kain batik Gribik karena cukup jarang dikenakan orang saat ini. Tahun depan kita akan angkat tema batik dari kabupaten/kota. Sehingga kain batik Sumsel dapat menjadi icon”, ujarnya.

Baca Juga :  Feby Deru Lantik Enam Ketua TPP PKK Kabupaten di Sumsel

Menurutnya Sumsel memiliki banyak kain Khas, seperti jumputan, blongsong, songket, dan tajung. Tahun ini tema yang diangkat pemprov Sumsel adalah batik jumputan.

Lanjutnya Ia berharap juga dekranasda dapat menciptakan inovasi-inovasi baru kain batik dengan motif khas daerah.

Di kesempatan itu juga, Feby Deru meminta agar Dekranasda kabupaten/kota dapat mempatenkan kain batik daerah masing-masing, dan terus menciptakan kain batik dengan motif khas daerah.

Baca Juga :  Sekda Sumsel Lepas Tim Penegak Hukum Protokol Kesehatan

“Sebagai mitra pemerintah, Dekranasda berupaya untuk menggali, melindungi, mendorong potensi kerajinan di daerah yang tentu saja tidak terlepas dari kerjasama antara Dekranasda provinsi bersama Dekranasda kabupaten/kota dan pengrajin”, tutupnya. (Cly/red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini