Senin, Juni 27, 2022
Google search engine
BerandaBeritaLaunching Penanaman Pohon Pisang Cavendish, Bupati Pamekasan Apresiasi Desa Samatan Sebagai Perwujudan...

Launching Penanaman Pohon Pisang Cavendish, Bupati Pamekasan Apresiasi Desa Samatan Sebagai Perwujudan Desa Tematik

Pamekasan Jatim, wartaterkini.news–Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menghadiri launching penanaman 1.000 bibit pohon pisang cavendish, di Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Selasa (11/01/2022).

Bupati Pamekasan yang akrab di sapa Mas Tamam memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Desa Samatan Sebagai percontohan pengembangan Desa Tematik di Kabupaten Pamekasan

Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam mengatakan kami sangat mengapresiasi Pemdes Samatan yang telah mengembangkan desa tematik dalam rangka penguatan ekonomi bagi masyarakat.

Program ini sebagai upaya Pemerintah dalam rangka mengembangkan desa tematik, yang menjadi program unggulan dan dianggap mampu menopang kekuatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :  Melalui Under Cover By Tiga Tersangka Pengedar Narkotika Jenis Ganja Berhasil Diamankan

“Ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kemakmuran masyarakat yang berangkat dari desa, Penanaman 1000 bibit pohon pisang cavendish ini bisa mendorong kemakmuran warga desa,”paparnya

Untuk itu Bupati yang akrab di sapa Mas Tamam ini mengimbau semua Desa yang ada di Kabupaten Pamekasan harus punya tema atau judul dalam hal strategi pengembangan ekonomi di desa-desa. Karena Pemerintah Kabupaten punya program desa tematik.

Selain ikut andil memberikan edukasi kepada masyarakat , Bupati Pamekasan juga memberikan bantuan hand traktor on call, pupuk dan pembibitan yang menjadi kebutuhan pokok petani yang harus di bantu oleh pemerintah, sehingga petani dapat menghasilkan panen yang utuh,” Jelasnya.

Baca Juga :  Pengguna aplikasi Pesan Instan WhatsApp Mengeluh, Susah Kirim Foto Pada 22 Mei

Selanjutnya, Bupati menghimbau kepada para petani agar mengelola dengan baik sesuai dengan Mou yang sudah disepakati bersama Rumah Wakaf Hidayatullah.

Setidaknya masyarakat bisa melaksanakan sesuai dengan petunjuk yang sudah disepakati dengan kemitraan sehingga menghasilkan panen dan produk yang berkelas dan dapat diterima oleh pasaran,”pungkasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan Ajib Abdullah menilai tanaman pisang cavendish merupakan tanaman baru yang menjanjikan untuk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat

Menurutnya bibit, budidaya, perawatan yang baik akan sangat berdampak pada hasil panen nantinya. Karena dengan bibit yang bagus, budidaya yang bagus, serta perawatan yang bagus akan memberikan dampak baik terhadap hasil panen.

Baca Juga :  Terus Berupaya Bantu WUB, Pemkab Pamekasan Akan Berikan Alat Bagi WUB

Dalam budidaya tanaman ini yang menjadi persoalan bagi petani yakni pemasaran. Namun kerja sama dengan Rumah Wakaf Hidayatullah diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap harga.

Untuk diketahui bahwa program ini berkat kerja sama dengan berbagai pihak, yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dengan Poktan Rahayu, dan juga Jaringan Petani Nasional (JPN).

Keduanya sebagai pengelola. Kemudian bekerja sama pula dengan Yayasan Rumah Wakaf Hidayatullah Surabaya sebagai penyedia bibit. (Mz Ilunk/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 26 June, 2022 11:24 pm

Paling Populer

Headline News