Laga Persis Solo vs PSIS Semarang Berlangsung Aman, Polisi Apresiasi Suporter Kedua Kesebelasan

Surakarta Jateng, wartaterkini.newsLaga imbang 0-0 terjadi saat Derby Jateng antara Persis Solo lawan PSIS Semarang dalam lanjutan pekan kedelapan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Manahan, Sabtu (03/09/2022).

Laga yang berjalan seru itu menyedot perhatian publik, hingga 17 ribu tiket yang dijual dikabarkan sold out. Sekitar 1.700 suporter tim tamu yakni Panser Biru dan Snex turut menonton laga tersebut.

Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy memberikan apresiasi pertandingan sesama wakil Jawa Tengah di kompetisi kasta tertinggi itu berjalan kondusif hingga laga usai.

Sekitar 900 petugas gabungan TNI-Polri termasuk Brimob Polda Jateng diterjunkan untuk mengamankan laga tersebut. Dikatakan Kombes Iqbal, sejumlah skenario dan strategi pengamanan sudah dilaksanakan agar pengamanan pertandingan berjalan maksimal.

Baca Juga :  Lindungi Aset Negara, Polres OKU Selatan Adakan Validasi Sertifikat Tanah

“Petugas di jajaran Solo Raya juga turut andil mengawal kedatangan dan kepulangan suporter PSIS. Semuanya berjalan lancar dan para suporter cukup kooperatif dengan arahan petugas,” kata Kabidhumas, Minggu (04/09/2022).

Atas laga Derby Jateng yang berjalan aman tersebut, Kombes Iqbal menuturkan pihaknya mengapresiasi peran Panitia terutama terkait ketertiban para suporter.

“Memang ada riak kecil yang dilakukan oknum suporter, namun itu berlangsung sebentar dan petugas segera melakukan pengamanan. Situasi semuanya kembali normal,” tambahnya.

Sementara Wakapolresta Surakarta AKBP Gatot Yulianto memaparkan Polresta Surakarta berupaya maksimal melakukan persiapan dan konsolidasi. Sehingga pengamanan secara umum berjalan lancar.

Baca Juga :  Dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022, Polda Jateng Kedepankan Upaya Preventif dan Preemtif

“Alhamdulillah berbagai persiapan yang kita rencanakan berjalan dengan baik. Termasuk skenario kedatangan maupun kepulangan suporter PSIS Semarang,” paparnya.

Ditambahkan AKBP Gatot, usai pertandingan sempat aksi kecil berupa aksi lempar batu, namun mampu diminimalisir personel gabungan dari Polresta Solo dan Brimob C Pelopor Polda Jawa Tengah.

Petugas juga mendapati sejumlah batu yang diduga sengaja disimpan oknum suporter di dalam truk. Tak hanya batu, petugas juga mendapati adanya botol bekas miras.

Setelah memastikan semua batu yang disimpan di dalam truk dibersihkan, petugas pun langsung mengawal truk yang membawa suporter PSIS Semarang tersebut untuk melanjutkan perjalanan ke Semarang.

Baca Juga :  Partisipasi Warga Tangkap Begal Payudara Diapresiasi Polda Jateng

AKBP Gatot mengatakan tidak ada korban dalam insiden antar suporter tersebut karena hanya berlangsung singkat dan segera diamankan petugas.

“Tidak ada korban, memang ada beberapa batu yang kita temukan tapi sudah kita amankan,” ujar Wakapolresta.

Sementara itu, untuk memastikan keamanan para suporter PSIS Semarang hingga kembali ke Semarang, petugas kepolisian melakukan pengawalan secara estafet. Dari beberapa Polres yang wilayahnya dilintasi, yakni Polres Sukoharjo, Karanganyar hingga sampai ke Semarang.

“Kita sudah amankan dan kemudian kita lakukan pengawalan secara estafet sampai dengan Semarang,” ujarnya. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini