KPUD Muba Gelar Deklarasi Pemilu Damai

MUBA wartaterkini.news – Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Muba terkait Pileg dan Pilpres 2019. Polres Muba bersama Pemkab Muba , SKPD, FKUB, Tokoh Parpol, KPUD Muba, Toga dan Tomas menggelar Deklarasi Damai Pemilu 2019, di Gedung Dharma Wanita Jalan Perjuangan No 319 Kel. Balai Agung Kec. Sekayu kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Rabu (10/10/18).

Deklarasi damai Pemilu tahun 2019, partai politik peserta pemilu menyatakan Sikap Siap Mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoax politisisasi Sara dan politik uang serta siap melaksanakan Pemilu berdasarkan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Muba Dodi Reza Alex, Ketua DPRD Muba Abusari, SH, M. Si, Perwakilan Dandim 0401 Muba yang diwakili olrh Kapten Indra jaya, SE, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, SE, MM, Kaban Kesbangpol Muba Soleh Naim, Ketua FKUB Muba Ahmad Yani, Ketua MUI Muba H. Thamrin Nawawi, Ketua KPUD Ahmad Firdaus Marvel’s, Ketua Bawaslu M. Syarkani, SH, Kejaksaan Negeri Sekayu Maskur, SH, MH, Pengadilan Negeri Sekayu Imam Santoso, SH, Pengadilan Agama Sekayu Saifullah Anshari, S. Ag, M. Ag, dan sekitar 200 orang terdiri dari 14 perwakilan Parpol, Perwakilan Dinas.

Baca Juga :  14 Tim Sepak Bola Palembang Terima Bantuan Bola Gubernur Sumsel

Ahmad Firdaus Marvel’s Ketua KPUD Kab. Muba dalam sambutannya mengatakan “Kampanye Pemilu 2019 saat ini telah dimulai , jumlah DCT sebanyak 539 orang, dan jumlah TPS pada Pemilu tahun 2019 sebanyak 1.864 TPS.”

“Kami menghimbau agar Parpol dan Caleg mentaati tata cara penyampaian pemberitahuan kampanye dan visi misi yg sdh ada dlm PKPU nomor 23 th 2017, dan dimohon agar dapat menjaga situasi tetap kondusif dan Semoga kami sebagai penyelenggara Pemilu 2019 dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.”

Senada yang disampaikan M. Syarkani, SH, MH selaku Ketua Bawaslu Kab. Muba “mengatakan Bawaslu Kab. Muba mendukung Pemilu damai, Sejuk dan aman serta Bersama rakyat awasi pemilu dan bersama rakyat tegakkan Pemilu.

Baca Juga :  Bangunan Rabat Beton di Desa Sei Baru Kecamatan Panai Hilir Diduga Asal Jadi

Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM dalam sambutannya mengatakan ” TNI – Polri siap mengawal jalannya pelaksanaan Pesta demokrasi Pemilu 2019 kali ini meliputi pemilihan presiden/wakil presiden dan pemilihan legislatif baik DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, serta DPRD kabupaten atau kota.”

“Guna mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk kami telah menyiapkan personil dengan jumlah keseluruhan 751 personil yang terdiri dari 584 pers Polres Muba, 102 pers Polda Sumsel (PAM TPS) dan 65 pers Brimob Polda Sumsel.”

Kapolres juga mengajak stakeholder dan semua pihak termasuk Ormas Thomas dan Toga di wilayah kabupaten Muba untuk ikut serta menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, imbuhnya.

“Berkaitan dengan tahapan kampanye Pemilu tahun 2019 sesuai dengan peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum , kami berharap kepada ketua dan pengurus Partai politik peserta pemilu tahun 2019 agar dalam pelaksanaan kampanye terlebih dahulu memberi pemberitahuan kampanye secara tertulis kepada aparat kepolisian setempat tentang penyelenggaraan kampanye selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan.”

Baca Juga :  Pemkab Muba Dukung Kapolda SumSel Tertibkan Minyak Ilegal

“Kami juga mengajak masyarakat, mari bersama-sama kiat mendukung dan mensukseskan pemilu 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk khususnya di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.” Ujar Kapolres.

Dalam kesempatan itu Bupati Muba
Dodi Reza Alex mengatakan bahwa “Jajaran Pememerintah kabupaten Muba siap memberikan dukungan sepenuhnya agar Pemilu 2019 dapat terselenggara secara lancar, aman, sejuk dan Damai.”

Bupati berpesan dan berharap kepada seluruh masyarakat, peserta pemilu, agar selalu mengedepakan sestim kekeluargaan, hindari dari pergesekan sosial, jangan memecah belakan persatuan dan kesatuan dan berkompentisilah dengan sehat sesuai aturan, harap bupati.

Selanjutnya pukul 16.45 wib acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dan pelepasan Balon ke udara oleh 14 Perwakilan Parpol, KPUD Muba, Polres, Kodim 0401 dan Pemkab Muba terkait Pemilu 2019 berjalan Aman, Sejuk dan Damai.(Jd/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini