banner 728x250

KPU Raja Ampat Lantik 1. 463 Anggota KPPS

Raja Ampat, wartaterkini.news–Sebanyak 1463 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 dilantik di Gedung Pari Convention Center Kota Waisai Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, Kamis (25/1/2024).

Ketua KPU Raja Ampat, Arsyad Sehwaky, menjelaskan pasca dilantik mereka bisa langsung mengikuti bimbingan teknik (bimtek).

“Bimtek bisa dilaksanakan mulai amis (25/1/2024) hingga Sabtu (28/1/2024). Dalam bimtek itu ditargetkan semua anggota KPPS harus bisa dan mengikuti secara seksama,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Ketua KPU Raja Ampat Arsyad Sehwaky membacakan sambutan KPU RI Hasyim Asy’ari yang menyampaikan KPPS sangat penting perannya sebagai Penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Baca Juga :   Nempel di Pohon dan Tiang Listrik, Bawaslu OKU Selatan Tertibkan APK Peserta Pemilu

“Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan.

Dikatakannya, KPU menyadari dengan tercetak banyaknya logistik Pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam.

KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Pelantikan secara serentak ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori rekor, yaitu, Pertama, Pelantikan secara serentak anggota penyelenggara pemilu terbanyak. Kedua, Bimbingan Teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara pemilu terbanyak. Ketiga, Penanaman Bibit Pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

Baca Juga :   Jelang Hari Raya, Lapas Pamekasan Perbaiki Sarpras Kunjungan Untuk Pengunjung Warga Binaan

Sebelum menutup sambutannya, Arsyad Sehwaky juga menyampaikan pesan demi terwujudnya pemilu 2024.

“Jadilah pelaku sejarah dengan menggunakan hak pilih”, ungkap Ketua KPU Raja Ampat.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE., M.Pd yang juga hadir pada acara pelantikan tersebut menyampaikan harapannya.

“Harapan saya sebagai kepala Daerah agar Raja Ampat dapat menyukseskan Pesta Demokrasi Pemilu 2024 dengan jujur, damai, dan damai”, ujar AFU sapaan akrab Bupati Abdul Faris Umlati

Baca Juga :   Jelang Hari Raya Idul Fitri, Polres OKU Selatan Laksanakan Lat Pra OPS Ketupat Musi 2023

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1805 Raja Ampat, Kapolres Raja Ampat, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Raja Ampat, Kepala Bagian Perencanaan dan Data Provinsi Papua Barat. (Penta Nila J/MC. Kab. Raja Ampat)