banner 728x250

KPU OKU Selatan Gelar Bimtek dan Sosialisasi Perekrutan KPPS Pemilu 2024

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumsel menggelar sosialisasi persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 yang diikuti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-OKU Selatan.

Selain sosialisasi rekrutmen KPPS dan PPS, KPU OKU Selatan juga mengelar bimbingan teknis (Bimtek) tata kelola Logistik, Penghitungan Suara Suara (Tungsura) dan laporan keuangan untuk badan adhoc se-kabupaten OKU Selatan.

Rangkaian kegiatan ini, berlangsung selama tiga hari, dimulai sejak Rabu 6 Desember hingga Jum’at 8 Desember 2023 yang berlangsung di ballroom hotel The Zuri Baturaja.

Baca Juga :   Salahgunakan Pengangkutan BBM, Pria Ini Diamankan Polisi

Ketua KPU Kabupaten OKU Selatan Sarnubi mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terhadap anggota PPK dan badan adhoc KPU OKU Selatan.

Lebih lanjut ia, mengharapkan anggota PPK memahami regulasi dan peraturan pembentukan anggota KPPS melalui sosialisasi tersebut.

“Saat rekrutmen diharapkan PPK berpedoman pada perundangan yang berlaku dan jika ada kendala bisa koordinasi secara berjenjang,” kata Sarnubi saat dikonfirmasi, Kamis (07/12/2023)

Sarnubi menuturkan materi sosialisasi mencakup persyaratan dan tahapan pembentukan KPPS Pemilu 2024 dan strategi pembentukan KPPS Pemilu 2024.

Baca Juga :   Komunitas IWO Pamekasan Raih Penghargaan Gemilang dalam Syukuran HUT Kemenkumham dan HDKD ke-78

Ia juga mengatakan, pengumuman hingga pendaftaran anggota KPPS Pemilu 2024 mulai berlangsung pada 11-20 Desember 2023 dan tahapan penetapan anggota KPPS pada 24 Januari 2024.

“Pembentukan calon anggota KPPS dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui tahapan kegiatan seleksi meliputi pengumuman pendaftaran, penelitian administrasi, tanggapan dan masukan masyarakat hingga penetapan anggota KPPS,” jelasnya

Terkait beban kerja Badan Adhoc yang cukup berat pada Pemilu serentak 2024, Sarnubi mengatakan perlu meminimalisir masalah serta didukung kondisi kesehatan yang bugar dan stabil.(Red)