KPU OKI Tetapkan Hasil KPUD, PKB Raih Kursi Terbanyak DPRD

OKI Sumsel, wartaterkini.news–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengumumkan penetapan kursi dan calon terpilih DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) periode 2024-2029.

Dalam kegiatan penetapan ini dilakukan dalam sidang pleno yang dihadiri oleh komisioner KPU Kabupaten OKI yakni, Muhammad Irsan, Antoni Achyar, Dedi Irawan, Muhammad Amin dan Hadi Irawan. Hadir juga sekretaris KPU OKI Ani Septiana, M.Si dan dihadiri utusan partai Politik, Bawaslu, Kesbangpol Dan Polres OKI di Aula Demokrasi Kantor KPU OKI, Jumat (14/6/2024).

Penetapan caleg terpilih ini sempat tertunda akibat adanya sengketa hasil pemilu yang disidangkan di Mahkamah Konstitusi. Sebelumnya KPU OKI digugat oleh Partai PAN ke MK terkait hasil perolehan suara DPRD OKI di daerah pemilihan (dapil) 6 meliputi Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya dengan partai PDI Perjuangan. Belakangan MK menolak gugatan Partai PAN secara keseluruhan.

Sidang pleno dibuka oleh Ketua KPU OKI Muhammad Irsan dilanjutkan dengan pembacaan hasil perolehan kursi masing-masing partai Politik disetiap dapilnya oleh komisioner KPU OKI Antoni Achyar SH.

Hasilnya, dari 45 anggota DPRD OKI, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih kursi terbanyak yakni 7 Kursi, disusul PDI Perjuangan 6 Kursi, Gerindra 6 Kursi, Demokrat 6 Kursi dan Golkar 6 Kursi. Kemudian Nasdem 4, Kursi Partai PAN 4 Kursi Dan Hanura 4 Kursi. Selanjutnya PKS 2 kursi.

Baca Juga :   Dinas PU-PR Aceh Timur Diminta Jangan Lalai Awasi Proyek

“Setelah kita lakukan penetapan pada hari ini selanjutnya kita akan sampaikan pemberitahuan kepada caleg terpilih, kepada DPRD OKI dan KPU Propinsi, sedangkan untuk parpol yang datang hari ini langsung kita berikan salinannya.” Kata Irsan

Terkait dengan jadwal pelantikan para anggota dewan terpilih ini menurutnya akan disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan DPRD OKI periode 2019-2024. Dan hal tersebut merupakan domain dari sekretariat DPRD OKI.

Dalam kesempatan tersebut M Irsan juga mengucapkan selamat dan sukses kepada caleg yang terpilih serta dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. (Fitri/Red)