KPU Muna Barat Resmi Rekrut Calon PPK dan PPS Melalui Aplikasi SIAKBA

Mubar Sultra, wartaterkini.news–Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna Barat, resmi membuka perekrutan anggota Badan Ad Hoc tingkat Kecamatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS)

Komisioner KPU Mubar, koordinator Divisi SDM dan partisipasi masyarakat La Ode M. Nuzul Anzi mengatakan bahwa pada tanggal 19 november 2022 KPU Kabupaten Muna Barat mengeluarkan pengumuman dengan No.10/PP.04 -PU/7413/2022 tentang seleksi calon anggota panitia pemilihan Kecamatan untuk pemilihan Umum 2024. Minggu (20/11/2022).

“Dalam rangka pembentukan panitia pemilihan Kecamatan, KPU Muna Barat mempersilahkan seluruh warga Muna Barat yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri menjadi anggota panitia pemilihan Kecamatan diwilayah domilsili masing-masing”, jelasnya.

Untuk tahapan jadwal rekrutmen Ppk berlangsung mulai tanggal 20 November sampai dengan 29 November 2022, dan untuk penelitian admistrasi di mulai 21 November sampai dengan dengan 1 desember 2022.

Baca Juga :  Polres Magelang Dalami Kejadian Bayi Hilang

Untuk pengumuman hasil penelitian berkas Administrasi tanggal 2 Desember sampai 4 desember 2022, serta seleksi tertulis di mulai tanggal 5 desember sampai 7 desember 2022, pengumuman hasil seleksi tertulis 8 desember – 10 /12/2022.

Tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota ppk 2/12/2022 – 10/12/2022 selanjutnya tes wawancara di mulai 11/12/2022-13/12/2022, pengumuman hasil seleksi wawancara 14/12/2022-16/12/2022 selanjutnya penetapan Anggota ppk 16 Desember 2022.

Dan untuk jumlah anggota ppk yang akan di rekrut di Kabupaten Muna Barat sebanyak 55 orang karena Kabupaten Muna Barat ada 11 kecamatan dengan komposisi 5 orang masing-masing Kecamatan.

Sementara untuk jumlah anggota pps yang akan di rekrut sebanyak 258 orang untuk mengisi 86 desa atau kelurahan yang ada du Kabupaten Muna Barat dengan komposisi 3 orang per desa atau kelurahan.

“Untuk di ketahui bahwa para pelamar ppk dapat mendaftarkan diri lewat situs https://siakba.kpu.go.id seperti yang telah kita sosialisasikan sebelumnya. Pendaftar dilakukan mandiri oleh masing – masing calon peserta secara Online melalui akun Sistem Informasi Anggota KPU Dan Badan Ad Hoc(SIAKBA)”, cetusnya.

Baca Juga :  Tes Cat Calon PPK KPU Muna Barat Gandeng KCD dan Kepala SMA/SMK Se-Muna Barat

Mantan protokuler Bupati Rajiun ini menambahkan bahwa untuk ujian tertulis seleksi calon anggota ppk menggunakan Sistem Teknologi Informasi dengan metode Computer Assisted Test (CAT) sesuai arahan KPU RI, sementara untuk ujian tertulis seleksi calon anggota pps di lakukan secara manual.

Berdasarkan pasal 35 peraturan KPU Nomor 8 tahun 2022 bahwa persyaratan menjadi anggota ppk dan pps pemilu 2024 adalah sebagai berikut.

Warga Negara Indonesia. Berusia paling rendah 17 tahun. Setia kepada pancasila sebagai dasar Negara, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945. Mempunyai Integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adi.

Baca Juga :  KPU Muna Barat Sosialisasikan Aplikasi Siakba Pendaftaran Online di Tahun 2024

Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang di buktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik.

Berdomisili dalam wilayah kerja ppk.
Mampu secara jasmani rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.

Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap kerena melakukan tindakan yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Selain itu Nuzul Ansi menambahkan bahwa para pelamar perlu melampirkan beberapa dokumen kelengkapan pendaftaran di antaranya, Foto kopi KTP elektronik, Ijazah yang dilegalisir, Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari puskesmas, Rumah sakit, atau klinik.  (LD. AMR/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini