banner 728x250

Kominfo Dukung Perempuan Berwirausaha di Ruang Digital

Jakarta, wartaterkini.news–Prempuan yang berwirausaha di ruang digital didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), melalui kelas pelatihan Human Digital Transformation sebagai bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD).

“Kementerian Kominfo terus konsisten mendukung upaya peningkatan literasi digital. dalam Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) bersama jejaring menyediakan kelas pelatihan Human Digital Transformation yang mendukung perempuan berwirausaha di ruang digital,” kata Menteri Kominfo (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam keteranagnnya terkait Talkshow Literasi Digital Bagi Perempuan: “Yuk Lebih Cakap di Ruang Digital” di Jakarta, seperti dikutip pada Kamis (14/12/2023).

Menteri Budi Arie mengatakan, pemerintah selalu berupaya agar kecakapan seluruh masyarakat, termasuk bagi perempuan,terus  meningkat.

Baca Juga :   Kominfo Bakal Rilis Sejumlah Program Pengembangan Talenta Digital di 2024

Di antaranya melalui Talkshow Literasi Digital Bagi Perempuan yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahu (HUT) ke-24 Dharma Wanita Persatuan sekaligus memperingati Hari Ibu ke-95.

“Indonesia butuh peningkatan literasi digital. Pada 2022, indeks literasi digital kita berada pada angka 3,54 dari skala 5. Ini merupakan data dari Katadata dan Kominfo di 2022,” tuturnya.

Dia berharap talkshow ini bisa menginspirasi lebih banyak kaum perempuan agar semakin cakap dan piawai mengoptimalkan seluruh potensinya dalam kemajuan teknologi digital.

Sebab, tingkat literasi digital yang tinggi dinilai akan dapat membawa pengaruh positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Contohnya Singapura, Uni Emirat Arab, Finlandia, Swedia, serta beberapa negara lain, memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dengan tingkat literasi digital masyarakat yang tinggi pula.

Baca Juga :   Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi, Penetapan Hasil Penghitungan Suara dan Perolehan Suara dalam Pemilihan Umum Tingkat Kecamatan Cikarang Barat

“Lewat kemampuan literasi digital yang baik, masyarakat akan mampu memahami, memanfaatkan, serta menciptakan informasi yang tepat dan aman melalui teknologi digital. Dengan begitu, masyarakat dapat memaksimalkan seluruh potensi teknologi digital dan juga sekaligus memitigasi atau mencegah berbagai risiko kemajuan teknologi tersebut,” kata Budi Arie Setiadi.

Sementara itu, Zara Murzandina Dina Budi Arie mengatakan, perjalanan yang telah dilalui Dharma Wanita Persatuan selama 24 tahun menunjukkan relevansi DWP yang terus berkiprah dalam kemajuan pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya bagi Indonesia.

Oleh karena itu, dia mengajak Perempuan, khususnya anggota DWP Kominfo, meningkatkan kapasitas diri untuk memperkuat ketahanan keluarga di era digital.

Baca Juga :   Seorang Wanita Lansia Tanpa Identitas Tewas Tersambar Kereta Api di Bekasi Timur

“Melalui kegiatan ini, saya juga berharap kita semua dapat mengetahui lebih detail tips dan trik dalam memanfaatkan teknologi digital agar terhindar dari kejahatan siber. Semoga memberi manfaat,” tandas Zara Murzadina.