Kodim Kota Yogyakarta Gelar Pembinaan Tanggap Bencana Bagi Masyarakat

Kota Yogyakarta DIY, wartaterkini.newsKodim 0734/Kota Yogyakarta melaksanakan program pembinaan masyarakat tanggap bencana tahun 2022. Kegiatan ini mengambil tema “Bersama TNI Membangun Bangsa”, bertempat di Aula Amarta Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Jalan A.M Sangaji No. 55 Jetis, Kota Yogyakarta, DIY, Kamis (22/09/2022).

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto mengatakan, program pembinaan masyarakat tanggap bencana adalah suatu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat diwilayahnya.

“Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam. Serta melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yang akan ditimbulkan bila terjadi bencana alam,” ungkap Dandim.

Baca Juga :  Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Petrokimia

Dalam kegiatan ini Kodim 0734/Kota Yogyakarta juga menggandeng pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Babinsa, dan perwakilan anggota KTB dari Kemantren se-Kota Yogyakarta.

“Kegiatan edukasi kebencanaan ini sangatlah penting untuk terus disosialisasikan kepada stakeholder maupun unsur komponen terkait. Agar dapat tercipta perpaduan yang tepat, sehingga cepat saat penanggulangan bencana,” tutur Dandim.

Dandim menambahkan, BPBD sengaja dihadirkan dalam kegiatan ini untuk membantu secara teknis dengan memberikan materi dan praktik terkait penanggulangan bencana alam.

Baca Juga :  Sosialisasi Vaksinasi, Babinsa dan Babinkamtibmas Ajak Santri Ikut Vaksin

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini kita mengharapkan sinergi dan kolaborasi dengan unsur maupun komponen masyarakat lainnya dapat terbangun dan bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Selain itu juga untuk melakukan edukasi secara intensif kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan. Karena edukasi penting dilakukan mulai dari hal yang kecil.

“Satuan teritorial TNI juga melakukan pemetaan terkait kerawanan bencana alam. Sehingga diharapkan apabila terjadi bencana alam, masyarakat tidak panik dan sudah tahu apa yang harus diperbuat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Gara-Gara Bahasa Direktur PDAM Kota Ternate, Sejumlah Ketua Seksi dan Kabak Undur Dari Jabatan

Kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh pemateri dari BPBD Kota Yogyakarta tentang Sosialisasi Penanganan Tanggap Bencana Gempa Bumi dan Angin Puting Beliung. Kemudian dilanjutkan praktik dari BPBD Kota Yogyakarta terkait dengan cara teknis pemberian bantuan terhadap korban bencana alam.(Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini