Kodim 0826 Pamekasan Gelar Kajian Ilmu Agama Bersama Ra Abbas

Pamekasan Jatim, wartaterkini.newsKodim 0826 Pamekasan menggelar kajian ilmu agama yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kodim 0826 Pamekasan. Kegiatan dilaksanakan di Makodim 0826 Pamekasan, Senin (05/09/2022).

Kajian agama bertujuan untuk memberikan bimbingan rohani dalam hal ini pembinaan mental kepada prajurit dan PNS untuk menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari.

Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Ubaydillah meminta prajurit untuk menyimak dan mengikuti kajian agama yang disampaikan oleh Lora Abbas dari Ponpes Al-Hamidy Banyuanyar.

“Kegiatan tausiah ini akan bermanfaat untuk prajurit, untuk itu simak dengan baik apa yang akan disampaikan nanti, tanyakan apabila ada hal-hal yang belum dimengerti sehingga dapat bermanfaat bagi kita dan keluarga,” ucap Dandim 0826 Pamekasan.

Baca Juga :  Polres Jepara dan Kodim 0719/Jepara Salurkan Bansos Untuk PKL

Kajian agama diisi oleh Lora Abbas dari Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar, Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur atau yang biasa dikenal Ra Abbas. Dalam tausiahnya Ra Abbas membahas tentang kajian hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Ra Abbas menyampaikan bahwa setiap yang kita kerjakan harus dilakukan dengan niat ibadah agar ternilai sebagai ibadah.

Baca Juga :  Bangunan Rabat Beton di Desa Sei Baru Kecamatan Panai Hilir Diduga Asal Jadi

Innamal A’malu Binniah, bahwa semua perbuatan kita tergantung apa yang kita niatkan. Yang membedakan perbuatan itu mendapatkan pahala atau tidak itu tergantung pada niat,” tutur Ra Abbas.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa banyak perbuatan yang hanya karena perbedaan niat maka akan berubah. Seperti halnya niat untuk bekerja maka hanya akan mendapatkan hal itu.

“Tetapi jika niat bekerja untuk membahagiakan istri dan anak cucu kita, maka itu akan mendapatkan pahala, apalagi untuk mengabdi kepada negara, bangsa dan agama, maka itu akan mendapatkan pahala,” tuturnya.

Baca Juga :  Upaya Pemkab Jepara Menurunkan Angka Prevalen Stunting di Jepara

Dalam kajian tersebut juga dilaksanakan sesi tanya jawab tentang ilmu agama. Sehingga prajurit dapat menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti dan dapat melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum Kajian Ilmu Agama ditutup dengan doa, seluruh peserta melakukan shalawat bersama dan nantinya kegiatan kajian agama akan dilaksanakan setiap bulan sekali, pada hari Senin, minggu pertama.

“Pertanyaan yang belum terjawab hari ini akan kita jawab pada pengajian bulan depan. Insya Allah pengajian akan kita laksanakan satu bulan sekali di minggu pertama,” tutup Ra Abbas. (Mz/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini