banner 728x250

KIM Perkuat Komunikasi Pemerintah dengan Masyarakat

Keterangan Foto: Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi, Foto: Istimewa

Jakarta, wartaterkini.news–Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong, mengatakan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Sumatra merupakan upaya memperkuat simpul komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat.

“Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik di bawah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo telah membangun platform digital kemitraan berupa instalasi website yang dirancang khusus bagi KIM, website KIM.id dibangun setelah melalui kajian yang mendalam,” kata Usman dalam pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Platform Digital Bagi KIM Sumatra Barat (Sumbar), di Balcone Hotel, Agam, pada Jumat (20/1/2022).

 

Menurut Usman, dengan karakteristiknya, KIM mendapat tempat tersendiri sebagai mitra strategis pemerintah untuk menjalankan perannya dalam hal penyebarluasan informasi terkait program dan kebijakan pemerintah.

“Menjadi spesial karena KIM bahkan tidak berjarak dengan kelompok masyarakat yang disasar, semoga laman ini dapat terus berkembang secara berkesinambungan dalam mengintegrasikan berbagai mitra kerja strategis pemerintah,” harapnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/ Kota se-Sumbar terus melakukan pembinaan kepada KIM melalui berbagai kegiatan penguatan seperti workshop, bimtek dan forum diskusi.

Cukup banyak Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Sumatera Barat yang telah berhasil meningkatkan pengetahuan masyarakat di berbagai bidang melalui diseminasi yang dilakukan KIM.

Baca Juga :   Indonesia Perlu Menko Pangan dan Agribisnis

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah melalui keterangan tertulisnya, Jumat (20/1/2023)

“Bahkan salah satu KIM di Kabupaten Limapuluh Kota, tepatnya di Nagari VII Koto Talago, berhasil mengelola sistem informasi desa, melalui website Nagari yang dikelola 100 persen oleh KIM,” ungkap Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi menyebutkan, eksistensi tersebut cukup dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya dalam menjembatani saluran komunikasi dan penyebaran informasi sekaligus menyerap aspirasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

“Saya mengapresiasi Bimtek Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat yang digelar Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, melalui Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik yang telah memfasilitasi pelaksanaan peran dan fungsi mitra strategis KIM dalam melakukan diseminasi informasi kepada publik,” kata Mahyeldi. (Infopublik)