Ketua MPR RI dan Gerak BS Bantu Korban Banjir Bandang di Pulau Sumba

oleh -138 views

Sumba NTT, wartaterkini.news – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo selaku Pembina Gerak BS (Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas) mendonasikan bantuan sosial berupa kebutuhan darurat bagi masyarakat korban banjir bandang yang melanda Pulau Sumba, khususnya di wilayah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Beberapa jenis bantuan yang telah didistribusikan melalui aksi “Gerak BS Peduli” di antaranya bahan makanan seperti beras, indomie, kopi-gula, pakaian termasuk pakaian bayi, dan alat-alat sekolah bagi para pelajar.

Pengurus pusat Gerak BS yang juga berasal dari Pulau Sumba, Rudi Kabunang, Rabu (13/4/2021) mengonfirmasikan perihal realisasi bantuan tersebut berlangsung lancar. Rudi yang dalam kepengurusan pusat Gerak BS duduk sebagai Direktur Bidang Advokasi, menjelaskan, bantuan tersebut sudah sampai ke tangan warga terdampak, hanya beberapa hari setelah banjir bandang melanda NTT pada Minggu 4 April yang lalu.

Baca Juga :  PWI Pusat dan Panitia HPN 2021 Audiensi Virtual ke Ketua MPR RI dan Menteri Koperasi UKM

Rudi mengatakan dirinya langung berkoordinasi dengan Ketua Umum Gerak BS Dwi Aroem Hadiatie untuk mengatur pola distribusi bantuan dari Ketua MPR RI dan Gerak BS Peduli, sehingga tiba di lokasi terdampak bencana dan diterima secara tepat oleh warga yang menjadi korban.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Gerak BS kepada warga masyarakat yang terdampak banjir di daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Semoga bantuan yang tak seberapa ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir bandang di Pulau Sumba, serta semakin memperkokoh sifat dan rasa gotong-royong diantara sesama anak-anak bangsa Indonesia,” ujar Rudi, mengutip pesan Ketua Umum Gerak BS Dwi Aroem Hediatie.

Baca Juga :  Tokoh Masyarakat Desa Paka, Sampaikan Alasan Memilih Paket Deno-Madur

Menurut Rudi, koordinasi lapangan mengenai distribusi bantuan ke Pulau Sumba berlangsung dengan baik karena keterlibatan aktif dari tim Gerak BS Peduli yang ada di Sumba Timur di antaranya Diki Dongga dan Nyong Pandabanjal.

Bantuan dari Ketua MPR RI melalui Gerak BS Peduli itu telah tiba di tangan warga Desa Katikutana, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur. Bantuan diterima langsung oleh tokoh masyarakat setempat, Umbu Huri Hamanai dengan disaksikan oleh Plt Kepala Desa.

Baca Juga :  Mari Berobat Dengan Sampah, Puskesmas Maurole Bersama ACIL, Luncurkan Program Bank Sampah.

Selain Katikutana, bantuan Gerak BS Peduli juga telah didistribusikan ke beberapa desa-desa wilayah pedalaman di antaranya ke Lawinu, Praibakul, Tanarara.

“Sudah ada dua kecamatan di Sumba Timur yang tersentuh bantuan Gerak BS Peduli yakni Kecamatan Matawai La Pawu dan Kecamatan Kambera,” pungkas Rudi. (Lutfi/Red)

Print Friendly, PDF & Email