Kemnaker Gelar Business Matching Bersama Industri Perhotelan Jepang

Jakarta, wartaterkini.news–Dalam kegiatan Business Matching di Jepang, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berupaya memfasilitasi pertemuan antara perusahaan bidang perhotelan Jepang dan Ryokan dengan Perusahaan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang menyediakan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam mengisi kebutuhan kerja di Jepang

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi saat membuka gelaran kegiatan Business Matching di Jepang pada Selasa (2/7/2024) melalui sambungan video.

“Sehingga diharapkan  P3MI dapat mengisi kebutuhan tersebut dengan supply tenaga kerja yang tepat, sehingga proses job matching antara supply dan demand dapat dicapai,” kata Anwar Sanusi dalam siaran pers yang diterima InfoPublik pada Selasa (2/7/2024).

Baca Juga :   DPC Partai Gerindra Buka Penjaringan, Hj Eka Dahliani Ambil Formulir Bakal Calon Bupati Halsel

Kegiatan Business Matching ini diselenggarakan atas kerja sama antara Kemnaker dengan bersama All Japan Ryokan and Hotel Associations (ZENRYO-REN) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang bertujuan untuk saling berkomunikasi secara intensif antara perusahaan perhotelan dengan P3MI mengenai kebutuhan spesifik perusahaan perhotelan di Jepang.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilangsungkan Explore Karir Peluang Kerja Perhotelan Jepang yang bertujuan untuk memfasilitasi dari sisi supply yaitu lembaga pelatihan kerja perhotelan baik yang diselenggarakan oleh Kemnaker melalui BPPV Bekasi, Medan, dan Lombok Timur, maupun dari pihak lain seperti Kementerian Pariwisata dan swasta, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan perhotelan, serta. lembaga pelatihan yang menyediakan pelatihan bahasa Jepang.

Baca Juga :   TKHK Terus Pantau Kesehatan Selama Puncak Haji

“Kegiatan ini juga memberikan ruang bagi masyarakat umum untuk dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai peluang kerja di sektor perhotelan di Jepang, termasuk untuk bekerja di Ryokan,” tambah Sekjen Kemnaker.

Anwar pun berharap para P3MI yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin lantaran industri perhotelan di Jepang tengah membutuhkan banyak tenaga kerja.

“Kami berharap P3MI dapat memanfaatkan momen ini dengan baik untuk dapat ditindaklanjuti dengan kerja sama dengan berbagai perusahaan perhotelan Jepang yang hadir,” ujarnya.

Baca Juga :   Indonesia Dorong Kerja Sama Intensif ASEAN - Jepang di Bidang Telekomunikasi

Sebagai informasi, Business Matching dan Explore Karir ini diikuti oleh 30 perusahaan perhotelan dari berbagai kota di Jepang dan 110 perwakilan dari P3MI. (**)