Kecamatan Petir Bentuk Tim Monotoring Pengawasan DD

Kayuagung OKI. Warta Terkini.news–
Terkait dengan pelaksanaan Dana Desa (DD) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Pemerintah Kecamatan Pedamaran Timur(Petir) Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI) Propinsi Sumatera-Selatan(SumSel), sebagai salah satu bentuk tim monitoring di dalam pelaksanaan dana desa(DD).

Camat Petir, Arie Mulawarman, S.STP menjelaskan,” dalam melaksanakan tugasnya monotoring ini, melakukan beberapa langkah untuk turut menjalankan fungsi dalam pengawasan, diantaranya Pemerintah Kecamatan Pedamaran Timur(Petir) dalam tugasnya melaksanakan pelatihan dan pembekalan kepada Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa, adapun kegiatan yang dilaksanakan antaranya, pelatihan penyusunan Apbdes dan RPJMdes dg melibatkan narasumber dari BPMD Kabupaten OKI,”jelasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan, Kades Rejo Agung Realisasikan Dana Desa Tahap Dua

Selain itu, kata Arie menambahkan,” dilakasanakan juga pelatihan Pengelolaan BUMdes dan banyak kegiatan lainnya, kegiatan tersebut di harapkan dapat menjadi langkah preventif pencegahan penyalahgunaan anggaran dana desa(DD), karena melalui pembekalan setidak nya para aparat pemerintah desa mendapat pengetahuan lebih terhadap mekanisme kegiatan pengelolaan dana desa(DD), tegasnya.

Selain langkah tersebut juga. lanjut Arie,” dilaksanakan verivikasi langsung ke lapangan dg melibatkan unsur tripika kecamatan dan pendamping lokal desa dikecamtan pedamaran timur(Petir)untuk mengecek langsung keberadaan pembangunan dan kegiatan yang bersumber dari dana desa sesuai dengan fakta dan kenyataan dilapangan,” terangnya.

Baca Juga :  Gunakan DD Pembangunan di Desa Pedamaran VI Hampir Rampung

Dan diharapkan,” output dari berbagai kegiatan tersebut adalah tecipta nya aparat pemerintah desa yg paham akan tufoksi masing masing.  terutama yg terkaitbdg pengelolaan dana desa serta di harapkan dapat di implementasi secara baik dilapangan, didalam kegiatan pengawasan tersebut juga di harapkan partisipasi masyarakat desa sehingga pembangunan dapat bermanfaat demi kepentingan masyarakat desa,” tandasnya.(Fitriyani,SH./Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini