Kebumen International Expo Tahun 2022 Resmi Dibuka

Kebumen Jateng, wartaterkini.newsAcara Grand Opening Ceremony Kebumen International Expo (KIE) Tahun 2022 bertempat di Alun-alun Kebumen, Jalan Pahlawan No. 106 Kauman, Kebumen, Sabtu (25/06/2022). Banyak pejabat menghadiri acara bertaraf internasional tersebut, termasuk Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo mewakili Danrem 072/Pamungkas.

Kebumen International Expo kali ini mengusung tema, “Napak Kabumian Nggayuh Kayangan,” dengan 2.000 stand pameran yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat di Kebumen.

Bupati Kebumen H. Arif Sugianto dalam sambutannya menyampaikan, bahwa untuk menggerakkan kembali sektor perekonomian dan mempromosikan produk-produk unggulan. Di mana setelah adanya Pandemi Covid-19, Kabupaten Kebumen kini menyelenggarakan Kebumen International Expo (KIE).

KIE menyajikan beraneka ragam produk unggulan, dengan memadukan penyelenggaraan offline maupun online. Dengan harapan mampu memperluas kesempatan pengembangan jejaring Trade, Tourism, Investment and Business produk unggulan Kabupaten Kebumen di pasar dalam maupun luar negeri.

Baca Juga :  Yakin Menang, Irfan Abdurrahim Siap Bertarung KNPI Halsel

Gelaran Kebumen International Expo diselenggarakan di Alun-alun Kebumen selama 8 hari, mulai tanggal 25 Juni – 2 Juli 2022. Secara umum kegiatan ini dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu trade, tourism, investment dan business yang dikemas berbeda.

“Sehingga memiliki nilai dan untuk menunjukkan identitas Kebumen kepada dunia,” kata Bupati Arif.

Agenda Kebumen International Expo dipenuhi dengan beragam atraksi dan festival. Di antaranya meliputi Festival Anak, Festival Batik, Festival Kuliner, Festival Budaya, Festival Kebumen Beriman, Kebumen Carnival, Geo Bike dan berbagai perlombaan tematik.

“Konsep Kebumen International Expo yang semarak ini akan dimeriahkan pula dengan penampilan sejumlah musisi dan band nasional di setiap harinya,” pungkas Bupati Kebumen.

Baca Juga :  Kurang Dari 6 Jam Usai Kejadian, Pelaku Pembacokan Kades Pedamaran VI Berhasil Diringkus

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia Drs. Teten Masduki menyampaikan, pemulihan ekonomi pasca pandemi harus terus menjadi fokus pemerintah baik provinsi maupun kabupaten. Tanpa melupakan bahwa setiap upaya yang diambil untuk pemulihan ekonomi harus dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kita sedang siap bertransmisi ke endemik dalam rangkaian KIE 2022 ini dapat sekaligus menambah jumlah UMKM on Boarding dalam ekosistem digital transformasi digital untuk pelaku usaha. Termasuk UMKM ini merupakan satu prioritas nasional dan target kita 2024 adalah 30 juta UMKM terhubung ke sistem digital,” kata Teten.

Dia berharap Kebumen Internasional Expo 2022 dapat meningkatkan jumlah belanja barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Baca Juga :  Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Pamekasan Wajibkan Seluruh OPD Beli Produk UMKM

“Sehingga sekaligus ini merupakan upaya untuk mencapai target yang diharapkan 40% belanja barang dan jasa pemerintah untuk produk UMKM,” ujar Teten.

Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo, mengapresiasi kegiatan Kebumen International Expo yang telah menggabungkan perdagangan investasi dan turisme dalam satu Event. Sehingga menjadi pendekatan yang holistik dan dijadikan model dalam penyelenggaraan event lain yang sejenis.

“Saya berharap kegiatan Kebumen Internasional Expo 2022 kali ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kebumen dan membawa produk unggulan Kabupaten Kebumen ke pasar dalam negeri dan juga internasional,” kata Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini