Katalog Elektronik dan e-Purchasing Momentum Pengadaan Transfaran dan Akuntabel

Palembang,wartaterkini.news—  Melaksanakan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Pasal 1 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Peraturan Kepala LKPP Nomor 6 Tahun 2016 tentang Katalog Elektronik dan e-Purchasing dilingkungan Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah.

Guna melaksanakan hal tersebut pada sistem pembelian langsung secara elektronik barang/jasa pemerintah menggunakan e-Katalog dan e-Purchasing, LKPP perlu memiliki momentum yang baik untuk siap mentransfer ilmu akan arah kebijakan umum katalog elektronik dan e-purchasing. Sehubungan dengan hal ini, LKPP mengadakan Acara Sosialisasi Katalog Elektronik dan e-Purchasing di Kota Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) yang diwakili Asisten III Pemprov. Sumsel Bidang Administrasi dan Umum Prof. Eduar Julianta membuka sekaligus memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi e-Katalog LKPP dengan tema “ Membangun Ekonomi Pengadaan yang Transfaran dan Akuntabel Menuju Sinergi Untuk Negeri”.  Acara berlangsung di Hotel Excelton Palembang, Selasa (16/10/2018).

Baca Juga :  Presiden Lantik Anggota Kabinet Indonesia Maju 2019-2024

Dalam arahannya Eduar menyampaikan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar dengan membawa bangsa ini menuju paradigma baru memasuki era teknologi informasi dan komunikasi (TIK). TIK tersebut diarahkan pada ketersediaan  jaringan Informasi dan data yang menguhubungkan Instansi Pemerintah dalam rangka optimalisasi pelayanan umum, dimana pelayanan umum yang cepat, professional, transfaran dan lebih mudah, merupakan harapan dari seluruh masyarakat kita.

“Pengadaan barang atau jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan public dan perkembangan perekonomian nasional dan daerah. Sehingga diperlukan pengaturan yang memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (Value For MoneY) dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah serta pembangunan berkelanjutan”,jelas Eduar Julianta.

Baca Juga :  Kominfo Siapkan Ratek untuk Satukan Visi Sumsel Maju Untuk Semua

Dengan tujuan untuk mendorongpenggunaan Katalog Nasional, Katalog Sektoral, serta Katalog Lokal sebagaimana yang diamanatkan pada Pepres terbaru No. 16 Tahun 2018, ketiganya memiliki peran penting yang berbeda. Salah satunya dimana Katalog Lokal perannya membantu untuk membangkitkan peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada masyarakat daerah, lanjutnya.

“Dengan begitu cita-cita pembangunan nasional serta kemandirian ekonomi dapat bergerak dengan baik melalui sektor strategis ekonomi lokal yang ada”, pungkas Asisten III mengakhiri sambutannya.

Baca Juga :  Diskominfo Prov.Sumsel Bersama YSKI Gelar Sosialisasi Kanker

Turut Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sumsel yang diwakili Kepala Bidang TIK dan Persandian  Jhon Kennedy, SE, M.Si, Saat Sihombing Selaku Presiden Direktur Pt AstraGraphia XPrins Indonesia (AXI),  Kepala Seksi Insert Pasar dan Industri  LKPP M Haris SIP, MM, Kepala Bidang Pengelolaan  Komunikasi Publik Diskominfo Prov. Sumsel Imansyah Wibowo, Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Diskominfo Prov. Sumsel, Terta Riani S.Kom., MT, Kepala Seksi Tata Kelola E-Government, Patricia Yulia Sitinjak, M.Si, Kasi  Media Pelayanan Informasi Publik, Azim Baidillah, SH., M.Hum, Perwakilan Dinas/Instansi/Biro/Bagian  Prov. Sumsel, Perwakilan Dinas/Instansi Kabupaten/Kota serta Staf pada Bidang E-Gov. Diskominfo Prov.Sumsel.(Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini