Kamis, Juni 30, 2022
Google search engine
BerandaBeritaKasrem 072/Pamungkas Serahkan Alat Ganti Tubuh Kepada Penyandang Disabilitas

Kasrem 072/Pamungkas Serahkan Alat Ganti Tubuh Kepada Penyandang Disabilitas

Kota Yogyakarta DIY, wartaterkini.newsKasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo mewakili Danrem 072/Pamungkas menyerahkan protesa (alat ganti tubuh) berupa kaki palsu kepada 12 orang penyandang disabilitas wilayah Kodam IV/Diponegoro. Dalam kegiatan itu Kasrem didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi Medik Pusrehab Kemhan RI (Kabid Rehabmedik) Pembina IV-a dr. Orie Tresia, MARS. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Katamso Makorem 072/Pamungkas Jalan Reksobayan No.4, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY, Rabu, (22/06/2022).

Danrem 072/Pamungkas dalam sambutannya yang dibacakan Kasrem 072/Pamungkas menyampaikan, permasalahan penyandang disabilitas merupakan permasalahan yang kompleks. Adanya kecacatan tentunya menimbulkan masalah mobilitas karena keterbatasan pada fungsi organ tubuh yang tidak sempurna.

Baca Juga :  Di Duga Tersangka Mafia Tanah Masih Menjabat Jadi Camat, Hendrikus: Pejabat itu Harus Nonaktifkan

Ketidaksempurnaan tersebut dapat menghambat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Kondisi tersebut juga menimbulkan tekanan psikologis di mana tidak semua individu berhasil dalam menyesuaikan diri.

“Oleh karena itu, perhatian yang diberikan dari Komando atas diharapkan dapat menjadi penyemangat kepada setiap personel yang mengalami masalah disabilitas. Untuk dapat beraktivitas secara normal kembali,” katanya.

Kabid Rehabmedik Pusrehab Kemhan RI dr. Orie Tresia, MARS dalam sambutannya menyampaikan, pelayanan Rehabilitasi Medik merupakan pelayanan kesehatan. Yaitu terhadap gangguan fisik dan fungsi yang diakibatkan oleh keadaan/kondisi penyakit.

Baca Juga :  Peringatan Hari Kartini Rangkaian Kegiatan di laksanakan di Kecamatan Megang Sakti

“Atau cidera melalui paduan intervensi medik, keterapian fisik serta rehabilitasi untuk mencapai kemampuan fungsi yang optimal,” ucap dr. Orie.

Pelayanan Rehabilitasi Medik meliputi pelayanan kesehatan umum, pelayanan kesehatan khusus dan pelayanan okupasi penyandang disabilitas. Serta pemberian dan pembuatan orthosa protesa di Korem 072/Pamungkas Kodam IV/Diponegoro.

Pemberian protesa dan orthosa pada kegiatan Rehabmedik Keliling di berikan untuk anggota TNI yang berada di wilayah Korem 072/Pamungkas Kodam IV/Diponegoro. Antara lain Protesa, berupa Protesa atas lutut 4 orang, Protesa bawah lutut 4 orang, Protesa tepat lutut 1 orang, Protesa atas siku 1 orang. Juga Protesa bawah siku 1 orang, Partial Hand 1 orang.

Baca Juga :  Acara Zakat Keteladanan Pimpinan Daerah DIY Digelar di Bangsal Kepatihan

“Kemudian Orthosa, yang meliputi Axilla crutches 2 buah, Canadian crutches 2 buah, LSO Corset 3 buah, PLS AFO 1 buah. Serta KNEE Dekker 5 buah, Orthopaedic shoes 2 pasang, Post of knee brace 1 buah,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Intel Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Yogi Muhamanto, Kasi Pers Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Wawan Indaryanto, Pasi Bakti TNI Korem 072/Pamungkas. Kemudian Pasi Log Korem 072/Pamungkas, Pasi Ops Korem 072/Pamungkas dan Tim Rehabmedik Keliling Pusrehab Kemhan RI. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News