Kasdim Kota Yogyakarta Bekali Mahasiswa Baru Janabadra

Kota Yogyakarta DIY, wartaterkini.newsDanrem 072/Pamungkas diwakili oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734/Kota Yogyakarta Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan, S.I.P. membekali mahasiswa baru Universitas Janabadra, Yogyakarta. Para mahasiswa dibekali dengan wawasan kebangsaan yang digelar di Auditorium KPH Poerwokoesumo Universitas Janabadra, Kota Yogyakarta, DIY, Rabu (07/09/2022).

Tema yang diangkat “Makna kebangsaan bagi generasi muda dan pemahaman wawasan nusantara melalui pemaknaan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI”. Pembekalan ini dalam rangka Pencerahan dan Orientasi Kampus Kebangsaan Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Janabadra yang diikuti oleh 350 mahasiswa baru.

Baca Juga :  DPD GMPK OKU Selatan Resmi di Kukuhkan

Kasdim menyampaikan bahwa Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya. Cara itu, menurutnya, bisa dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai satu tujuan nasional.

“Bangsa Indonesia lahir tidak atas persamaan suku, asal usul, kepercayaan, ras atau pun keagamaan. Bangsa Indonesia lahir atas dasar komitmen bersama untuk menjadi bangsa yang mandiri bebas dari penjajahan,” jelasnya.

Baca Juga :  4.117 Mahasiswa Baru IAIN Jember Deklarasi Kesetiaan pada NKRI

Kasdim juga mengajak seluruh mahasiswa Janabadra untuk memerangi hoax. Karena mahasiswa merupakan generasi muda dan penerus bangsa, calon pemimpin bangsa Indonesia.

Karena itu mahasiswa perlu diberikan nila-nilai kebangsaan yang benar, kalau tidak mereka akan terombang-ambing dan terpengaruh oleh hal-hal yang negatif. Apalagi saat ini zaman digital, media sosial saat ini ada yang baik dan ada yang tidak baik, ada yang positif dan negatif termasuk adanya berita hoax.

Untuk menghindari terjadinya berita sepihak atau hoax, Kasdim meminta agar mahasiswa tidak cepat terpercaya dan terpengaruh.

Baca Juga :  LaNyalla Siap Perjuangkan Pendiri Al Wasliyah Jadi Pahlawan Nasional

“Untuk itu cek-lah kebenaran berita tersebut, agar tidak salah dalam menganalisanya. Jangan sampai, berita tersebut memecah belah persahabatan dan silaturahmi, mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tandas Kasdim. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini