Kamis, Juni 30, 2022
Google search engine
BerandaBeritaKapolri Sebut Penumpang Pelabuhan Merak Melebihi Kapasitas Normal

Kapolri Sebut Penumpang Pelabuhan Merak Melebihi Kapasitas Normal

Jakarta, wartaterkini.news–Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyebutkan penumpang pada arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak, Banten, melebihi kapasitas normal, sehingga membutuhkan rekayasa dan strategi untuk mencegah terjadi kepadatan.

“Kalau dilihat di H-4 dan H-3 terjadi peningkatan luar biasa dibanding dengan hari sebelumnya di mana puncak arus mudiknya ada lompatan yang luar biasa,” kata Sigit saat meninjau arus mudik H-2 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, dikutip dari keterangan tertulisnya.

Ia menyebutkan, pada mudik tahun 2019 jumlah penumpang tercatat 28 ribu, tapi di H-3 dan H-4 lebaran kali ini jumlah penumpang tertinggi di angka 37 ribu. Sedangkan hari-hari sebelumnya ada di angka 31 ribu.

Baca Juga :  Kasat Sabhara Polres Labuhanbatu Pimpin Patroli Pencegahan Karhutla

Sementara itu, kapasitas normal di Pelabuhan Merak hanya menampung penumpang kurang lebih 19 ribu. Sehingga diperlukan rekayasa tambahan dan langkah dalam mencegah kepadatan.

Jenderal bintang empat itu memaparkan beberapa langkah yang dilakukan mencegah antrean yakni penambahan kapal dan dermaga. Harapannya, dengan penambahan tersebut bisa menambah kapasitas penumpang, yang tentunya bisa digunakan memberikan pelayanan tambahan pemudik pada H-2 yang sudah mulai padat.

Baca Juga :  Calon Tunggal, Presiden Usulkan Komjen Idham Azis Jadi Kapolri

“Kalau dilihat ekornya (panjang antrean kendaraan pemudik) sudah di KM 94 namun sudah mulai bergeser artinya ada kepadatan sekitar 4 sampai 6 kilometer. Mudah-mudahan penambahan ini bisa mempercepat masyarakat segera berangkat dari Merak ke Bakauheni,” ujar Sigit.

Strategi lainnya, kata Sigit, yakni mengimbau masyarakat yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni agar membeli tiket sebelum jalan, agar mempercepat proses saat masuk ke pelabuhan.

“Kalau memang masih belum mudik maka pilihan melaksanakan reservasi tiket melalui aplikasi online jauh lebih bagus dan mempercepat pada saat loading. Namun demikian semuanya akan dilayani baik go show maupun reservasi,” ucap Sigit.

Baca Juga :  Pemudik Diimbau Hindari Puncak Arus Balik di Terminal Kalideres

Dalam kesempatan itu, mantan Kapolda Banten ini pun mengingatkan jajarannya untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik. Selain itu meminta anggota Polri memberikan sosialisasi semua kebijakan dan menjawab apa yang menjadi kendala masyarakat.

“Kita harapkan di sisa waktu yang ada di H-2, H-1 dan H pelayanan bisa meningkat dan menjadi lebih baik,” kata Sigit. (**)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News