Senin, Juni 27, 2022
Google search engine
BerandaBeritaKapan Pelaksanaan Pilkades Serentak? Ini Penjelasan Kadis PMD Morotai

Kapan Pelaksanaan Pilkades Serentak? Ini Penjelasan Kadis PMD Morotai

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Penetapan tanggal pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 87 desa se Kabupaten Pulau Morotai merupakan merupakan kabar yang dirindukan oleh ratusan Calon Kepala Desa (Cakades) di Pulau Morotai.

Tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Pulau Morotai sudah berjalan sejak tahun 2020 namun hingga memasuki akhir tahun 2021 ini, penetapan tanggal pelaksaan Pilkades serentak belum mendapat kabar gembira.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Pulau Morotai, Marwan Sidasi saat ditemui wartaterkini.news berkomitmen ingin mempercepat pelaksaan Pilkades Serentak dimaksud, namun apa daya pihaknya hingga kini belum mengantongi hasil Sekolah Cakades yang digelar oleh Tim Seleksi (Timsel).

Baca Juga :  Bandingkan Suara Azan Dengan Gonggongan Anjing, DPRK Aceh Timur Buka Suara

“Kami ingin percepat Pilkades, tapi bagaimana sampai saat ini belum ada hasil tes atau nama – nama Cakades dari Timsel,”ujarnya ketika ditemua pada ruang kerja, senin (01/11/2021)

Menurutnya, Pilkades Serentak di Pulau Morotai ini sebenarnya sudah tidak bisa ditunda lagi karena tahapan pilkadesnya sudah berjalan, akan tetapi hal tersebut tergantung Bupati Morotai.

“Sebenarnya Pilkades Morotai sudah tidak bisa lagi ditunda karena tahapannya sudah jalan. Intinya panitia inikan sudah terbentuk jadi harus dilaksanakan, biasa saja tahun ini bisa saja tahun depan tergantung pak bupati,”jelas Marwan

Baca Juga :  Babinsa Koramil 1508-06/Bere-Bere Gotong Royong Bangun Rumah Warga Binaan

Ia pun mengungkap bahwa sebelumnya, penetapan tanggal Pilkades serentak sudah ditetapkan hanya saja setelah hasil seleksi Cakades tahap pertama kelaur dengan Passing Grade 5,6. Cakades yang lolos seleksi hanya 6 orang yang memenuhi syarat maka digelar kembali Sekolah Cakades.

“Dari 296 Cakades yang ikut seleksi hanya 6 orang yang lolos, berarti masih kurang lebih 290 yang tidak memenuhi syarat, makanya dibentuk seleksi kembali dengan Sekolah Cakades dan sekolah Cakades pun sudah selesai namun hasilnya sampai saat ini belum keluar,”ungkapnya

Baca Juga :  Optimalkan Pendapatan Daerah, Pemprov Sumsel Gelar Monev Bersama KPK RI

Untuk itu, Mantan Camat Morut ini berharap Timsel Cakades segera menyampaikan hasil Sekolah Cakades kepada Panitia Pilkades tingkat Kabupaten, pasalnya hanya 2 bulan lagi sudah memasuki tahun 2022. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 26 June, 2022 10:24 pm

Paling Populer

Headline News